Platform NGA Ala Daihatsu, Apa Hebatnya Sih ?

RiderTua.com – Dengan platform NGA (New Global Architecture) ala Daihatsu, produsen mobil ini punya platform-nya sendiri tanpa bantuan produsen induknya. Produk seperti Tanto hingga Rocky sudah sukses menarik perhatian banyak konsumen di Jepang. Platform NGA ala Daihatsu ini sudah ada sejak tahun 2017 lalu. Walau begitu, mereka tetap bisa mengembangkan produk yang berkualitas bagus.

Baca juga: Daihatsu Gran Max Masih Laris Manis Walau Dijual Virtual

Platform NGA Ala Daihatsu Sudah Ada Sejak 2017

Memang platform yang dimiliki Daihatsu ini kedengarannya mirip dengan platform TNGA milik Toyota. Walau agak sama persis satu sama lain, tapi DNGA sepertinya dikhususkan untuk produk kei car alias mobil kota nan mungil. Mobil jenis ini memang laris manis di Jepang, dan Daihatsu memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memaksimalkan penggunaan platform-nya.

Model yang dibangun dari DNGA seperti Tanto, Taft (bukan SUV, ya) hingga Rocky semuanya bagus-bagus dan menjadi buruan konsumen Negeri Sakura. Dua diantaranya adalah produk ‘reborn’ dari model SUV legendaris Daihatsu, tapi berbeda dengan Rocky, Taft malah terlahir sebagai kei car. Sementara Rocky sendiri makin modern dengan desain barunya dan menjadi basis kembarannya, Raize.

Platform NGA ala Daihatsu punya keunggulan
Toyota Raize dan Daihatsu Rocky memakai platform DNGA

Nggak Sering Dibuat

Daihatsu menjelaskan kalau dengan platform DNGA ini, mereka bisa mengeluarkan produk baru tiap satu atau dua tahun sekali. Tapi apa yang diklaim Daihatsu ini berkebalikan dengan kenyataan, dimana jarak peluncuran Tanto dengan Rocky hanya 5 bulan. Memang tak sesuai ekspetasi, malah ini jauh lebih baik dari apa yang mereka perkirakan sebelumnya.

Jadi kenapa Daihatsu memakai platform NGA sendiri? Mereka membuat platform ini karena punya keunggulan seperti efisiensi bahan bakar yang lebih bagus dari produk non-NGA. Selain itu, mereka dapat mengembangkan teknologi canggih yang bisa diterapkan pada sejumlah produknya. Tentu masih ingat bagaimana Rocky dan Raize menjadi mobil paling cepat laku berkat fitur mumpuni yang cukup lengkap.

Keunggulan lainnya dari DNGA yaitu visibilitas lebih luas, roof panoramic, serta ground clearance cukup tinggi. Memang menarik, tapi sayangnya DNGA baru bisa ditemukan di Jepang. Daihatsu masih pikir-pikir untuk membawanya ke luar negeri, termasuk Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply