Rossi Serukan Sistim Bendera Kuning Seperti F1

Valentino Rossi: Karena adanya petugas dengan bendera kuning itu juga benar-benar hal yang hebat. Namun tidak mudah bagi kami melihat saat naik motor..

Rossi Serukan Sistim Bendera Kuning Seperti F1
Rossi Serukan Sistim Bendera Kuning Seperti F1

RiderTua.com – Valentino Rossi serukan sistim bendera kuning di MotoGP ditambah seperti F1. Aturan yellow flag yang terbaru di MotoGP justru memicu perdebatan.. Cal Crutchlow justru melihat aturan ini berisiko. Apalagi Pol Espargaro yang sangat kecewa catatan waktunya dibatalkan. Sementara Valentino Rossi menyarankan adanya monitor seperti di Formula 1 yang lebih jelas dan lebar..

Rossi Serukan Sistim Bendera Kuning Seperti F1

Valentino Rossi-Kalah di GP Austria Bukan Masalah Top Speed

Sejak MotoGP memperkenalkan aturan bendera kuning yang lebih ketat untuk balapan di Jerez, hal ini menimbulkan perbedaan pendapat. Meski semua sepakat bahwa jika terjadi kecelakaan, keselamatan di lintasan harus diutamakan bagi pembalap yang terjatuh dan pembalap yang masih melaju dibelakangnya, namun tetap saja menuai kritik.

Misalnya, saat kualifikasi GP Ceko, pembalap KTM Pol Espargaro merasa terganggu dengan bendera kuning yang membuatnya gagal masuk ke barisan depan. Catatan waktunya dibatalkan.. disaat dia membaik namun bendera kuning membuyarkan semuanya.

Fokus kemarahan Espargaro bukanlah sinyal bendera itu sendiri, tetapi bagaimana dan di mana bendera itu ditampilkan. “Pada titik di mana bendera kuning di keluarkan, itu sudah terlambat. Saya belum melihat sebelumnya,” kata pembalap Spanyol itu saat itu. Sinyal atau bendera kuning keluar, dipicu saat Cal Crutchlow (LCR-Honda) jatuh di Tikungan-9.

Crutchlow: Justru menjadi lebih berisiko..

Cal Crutchlow juga mengkritik aturan bendera kuning terbaru: “Catatan waktu dibatalkan meskipun saya tidak pernah melihat bendera kuning di tikungan yang sama persis. Sangat sulit karena pembalap berpacu, pembalap membuat waktu yang lebih baik di setiap sektor dan tiba-tiba seseorang jatuh. Itu bukan salahmu, namun catatan waktumu akan masuk tong sampah. “

Pembalap Inggris itu percaya bahwa aturan baru itu bahkan dapat memperburuk situasi di lintasan, bertentangan dengan tujuan yang telah ditetapkan. “Itu bisa membuatnya lebih berbahaya … maksudku bukan berbahaya, kita harus berhati-hati dengan kata berbahaya, tapi itu bisa membuatnya lebih berisiko,” ujar pembalap Honda itu.

Yellow Flag MotoGP Bendera Kuning
Yellow Flag MotoGP- Bendera Kuning

Merusak Tontonan

“Di awal sesi, semua orang akan keluar lintasan dengan kecepatan gila-gilaan untuk memastikan mereka berada di lap terbaik mereka dengan segera. Sayangnya, itu ( aturan bendera kuning baru) merusak pertunjukan. Orang ingin menonton lap terakhir, dengan lap tercepat di akhir saat lap terakhir hingga waktu habis. Tapi itu tidak akan terjadi dengan adanya bendera kuning ini. “

Tidak harus membatalkan seluruh sesi

Crutchlow menekankan bahwa dia dapat memahami ide di balik aturan baru, namun.. “Saya terlibat dalam kecelakaan seperti itu dan itu tidak baik. Tapi kami melakukan balapan kami memahami risikonya,” kata pembalap Inggris itu. Para marshal melakukan pekerjaannya dengan baik namun dari sudut pandangnya, keseluruhan waktu lap tidak boleh dibatalkan.

Rossi Serukan Sistim Bendera seperti di F1

Untuk melakukan aturan baru ini, tentunya harus dipastikan bahwa benderanya terlihat jelas oleh pembalap. Seperti Espargaro dan Crutchlow, Valentino Rossi juga melihat beberapa hal yang harus dilakukan di sini. “Terkadang sangat sulit untuk melihat bendera kuning dari atas motor.. Mungkin kita bisa memperbaiki sistemnya. Sebagian besar area run-off untungnya besar. Dengan bendera kuning berada jauh dari trek. Akan lebih baik untuk memperbaiki ini dan mungkin memasang layar yang lebih besar, seperti di Formula-1,” saran The Doctor…

“Mereka bisa ditempatkan lebih dekat ke trek. Saya pikir itu bisa membantu kami melihat bendera kuning lebih awal. Kami terkadang membicarakannya di komisi keamanan dan saya berharap kami bisa meningkatkannya. Karena adanya petugas dengan bendera kuning itu juga benar-benar hal yang hebat. Namun tidak mudah bagi kami melihat saat naik motor.”

Be the first to comment

Leave a Reply