Ketika Honda dan Yamaha Tantang Versys-X 250…

RiderTua.com – Secara mengejutkan Honda dan Yamaha kompak menantang Kawasaki Versys-X 250. Motor adventure bermesin 250 cc ini sudah menjadi primadona di kelasnya, termasuk Suzuki V-Storm 250, sebagai rivalnya. Honda dan Yamaha ingin tantang Versys-X 250 dengan motor trail terbaru. Mungkinkah itu CRF dan Tracer dengan mesin lebih besar?

Baca juga: Yamaha MT-10 Bisa Dibawa ke Indonesia, Asal…

Honda dan Yamaha Tantang Versys-X 250

Kalau dilihat, segmen motor adventure 250 cc hanya diisi oleh Versys-X dan V-Storm. Artinya tinggal Honda dan Yamaha saja yang belum punya motor sejenis ini, dan dipastikan mereka akan tertinggal oleh Kawasaki dan Suzuki. Tentu mereka tak tinggal diam dan ingin mengenalkan produk dengan spek serupa.

Untuk Honda, sepertinya model ini akan dimasukkan ke dalam CRF series, meski ada yang menyebutnya sebagai ‘Africa Twin versi mini’. Dengan memakai basis dari CRF250 Rally, kemudian fascia-nya dibuat agak mirip dengan model CRF1100L Africa Twin. Bayangkan saja CRF250 Rally dengan wajah Africa Twin.

Honda dan Yamaha tantang Versys-X dengan motor barunya
(Young Magazine)

Lebih Bertenaga?

Sementara Yamaha sendiri mungkin akan memakai seri Tracer untuk membuat motor adventure 250 cc. Karena mereka sudah punya R25 dan MT-25, maka tak susah bagi Yamaha untuk membangun motor bermesin 250 cc. Keduanya akan dijadikan basis pembuatan Tracer 250 dengan banyak ubahan yang diberikan.

Keduanya mungkin akan memakai mesin dari model turunannya, dan mesin Honda CRF250 Rally sudah berstandar Euro 5. Jadi tak perlu dikhawatirkan lagi kalau soal emisi, terutama Yamaha yang mungkin juga sudah berstandar lebih tinggi. Sehingga ini hanya tinggal penggarapannya saja yang bisa jadi memakan waktu cukup lama.

Belum jelas kapan keduanya akan dirilis, tapi bayangkan kalau CRF250 dan Tracer 250 diluncurkan dalam waktu bersamaan. Tentu ini akan sangat mengejutkan, walau itu hanya sebatas angan-angan saja. Keduanya bakal menggebrak dominasi Versys-X dan V-Storm di segmen motor adventure 250 cc. Belum jelas apakah keduanya bisa hadir di seluruh dunia, termasuk Indonesia, mengingat motor 250 cc semakin diminati konsumen.

Be the first to comment

Leave a Reply