Fabio Quartararo Di Bawah Tekanan?

Andrea Dovizoso mengakui bahwa trek dan kondisi di MotoGP Brno dan Spielberg menghadirkan tantangan tambahan bagi pembalap Yamaha...

Santi Hernandez Kaget dengan Dovi dan Rossi
Santi Hernandez Kaget dengan Dovi dan Rossi

RiderTua.com – Apakah Fabio Quartararo berada di bawah tekanan sebagai pemimpin kejuaraan dunia saat ini?.. Pembalap Petronas Yamaha yang berusia 21 tahun itu tersandung masalah di Ceko dan Austria. Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi mengomentari situasi pemuncak klasemen MotoGP 2020 tersebut.

Fabio Quartararo Di Bawah Tekanan?

Fabio Quartararo Di Bawah Tekanan?
Fabio Quartararo Di Bawah Tekanan?

Quartararo memulai balapan musim ini dengan gemilang di Jerez. Setelah dua kemenangan seri MotoGP pertama, El Diablo menjadi favorit juara dunia tahun ini. Namun penurunan posisi dari 7, 8 dan 13 dalam balapan di Brno dan Spielberg meredam harapan skuad Petronas Yamaha itu… Meskipun dalam hal skor dia unggul tiga poin dari pembalap Ducati Andrea Dovizioso.

Bagaimana pendapat Dovizioso melihat situasi ini?.. “Lawan kami tidak mempertimbangkan kami dalam perebutan gelar karena tentu saja kami tidak bagus di balapan pertama dan kami sedikit menyimpang.. Menarik ketika kita melihat bahwa pembalap yang benar-benar membuat perbedaan dalam beberapa balapan pertama berada dalam sedikit krisis,” kata Andrea Dovizioso..

“Ini menegaskan bahwa ban mempengaruhi semua orang. Beberapa diantaranya terpengaruh lebih banyak, beberapa lebih sedikit. Tetapi semua orang tetap memperhatikannya. Itu positif bagi kami karena kami memiliki masalah ban sejak awal. “

Masih Muda & Di Bawah Tekanan

Apakah sebagai pemuncak klasemen menjadi beban Quartararo?.. “Itu sangat subjektif. Saya tidak berpikir bahwa memimpin kejuaraan menimbulkan reaksi yang sama dari semua orang atau sebaliknya. Saya merasa baik ketika saya berada dalam situasi itu.. Tapi saya bisa membayangkannya dan saya bisa memahaminya dengan pembalap semuda Fabio”.

“Setelah dia mendominasi dua balapan pertama, dia masuk ke situasi di mana segalanya tidak mudah lagi baginya. Tekanan meningkat karena dia adalah pemimpin kejuaraan dan dia tidak bisa lagi santai tentang hal-hal tertentu. Kemudian semuanya menjadi sedikit lebih rumit”.

“Tapi itu bagian dari permainan dan bukan hal yang aneh bagi pembalap muda yang juga tidak memiliki banyak pengalaman dalam situasi ini. Dia kuat dan berbakat dan berada dalam posisi yang bagus untuk masa depan. Tapi tentu saja, kita semua memiliki tekanan dan kita semua harus menghadapinya. “

Trek Sulit buat Yamaha

Meski demikian, pembalap Ducati tersebut mengakui bahwa trek dan kondisi di MotoGP Brno dan Spielberg menghadirkan tantangan tambahan bagi pembalap Yamaha. “Benar bahwa pembalap Yamaha lainnya berhasil menjadi lebih kuat darinya dalam beberapa balapan terakhir. Dia sedikit merenung dan dia tidak sesantai di Jerez, di mana dia mendominasi. Itu bagian dari permainan.. Jarang melihat pembalap yang selalu lebih kuat dari sesama merek”.

“Dalam kasus Marc, hal itu telah terjadi selama beberapa tahun terakhir karena berbagai alasan, namun pada dasarnya sulit. Level semua pembalap MotoGP sangat tinggi. Jadi tidak terpikirkan bahwa dia selalu bisa lebih kuat dari orang lain. Karena setiap orang memiliki karakteristiknya masing-masing dan bisa mendapatkan lebih banyak dari mereka dalam situasi tertentu,” kata Dovizioso.

Valentino Rossi 2020

Fabio Quartararo = Masalah Teknis

“Saya tidak tahu apakah Quartararo merasakan tekanan. Tapi saya cenderung berpikir bahwa dia menderita masalah teknis pada motor kami. Situasinya sangat sulit,” ujar Valentino Rossi. “Kami memulai dengan super kompetitif di Jerez, di balapan kedua kami bahkan finis pertama, kedua dan ketiga.. itu luar biasa. Ada dua kemenangan untuk Quartararo, jadi saya berkata pada diri sendiri: Itu sangat bagus. Mungkin kami lebih kesulitan di trek lain, saya mungkin tidak menang, tetapi saya akan tetap bisa naik podium,” tambahnya.

“Sebaliknya kita (Yamaha) di Brno dan terutama ke Spielberg, di mana sulit untuk berada di lima besar. Dovizioso, sebaliknya, menggunakan pengalamannya. Misalnya ketika dia merasa dalam masalah besar di Jerez, mencetak poin lebih penting..” pungkas Valentino Rossi .. Jadi apakah Fabio Quartararo di bawah tekanan.. Selain masalah mesin pastinya masalah usia juga berpengaruh…

Be the first to comment

Leave a Reply