Dominasi Pasar Motor Bekas Antara Honda dan Yamaha

RiderTua.com – Ternyata dominasi pasar motor bekas masih memperlihatkan persaingan antara Honda dan Yamaha. Walau masih ada sejumlah merek seperti Suzuki hingga Kawasaki, tapi kedua merek tersebut masih mengungguli. Memang dominasi pasar motor bekas masih cukup ketat layaknya bursa motor baru. Tapi lebih unggul mana, Honda atau Yamaha?

Baca juga: Honda Siapkan ADV 350, Model Lebih Besar ?

Dominasi Pasar Motor Bekas Cukup Ketat

Biasanya konsumen akan selalu mencari motor baru, atau tiap kali ada produk baru yang keluar. Namun tak sedikit ada yang mencari model bekasnya karena dianggap lebih murah dari model baru. Terlebih jika suatu produk tersebut masih punya nilai jual tinggi atau model yang masih dicari di pasar, maka harga jualnya bisa lebih tinggi.

Tapi dari sekian merek yang ada, hanya Honda dan Yamaha yang paling terkenal dan mendominasi pasar ini. Produk Honda yang menjadi incaran konsumen Indonesia meski berupa motor bekas yaitu Beat, PCX, sampai Vario. Sedangkan Yamaha hanya punya NMAX, dan itupun termasuk segelintir produk lainnya yang laku, mungkin termasuk dalam MAXi series.

Dominasi pasar motor bekas: Honda vs Yamaha
Honda PCX 150 Lokal Vs Yamaha Nmax

Kondisi Berbagai Macam

Sepertinya sudah tak diragukan lagi kalau trio skutik Honda tersebut yang masih menjadi produk paling diincar di Tanah Air, tak peduli itu baru atau bekas. Sementara NMAX masih menjadi skutik andalan Yamaha, bahkan penjualannya masih kencang sampai sekarang. Terdengar cukup ironis, karena PCX dan NMAX saling bersaing ketat di kelasnya.

Untuk kondisi motor bekas tentu berbagai macam, tak ada yang sempurnya, dan kebanyakan punya tingkat kerusakan maksimal 30 persen. Kondisi motor inilah yang menentukan laku atau tidaknya suatu model tersebut, karena biasanya pembeli mencari motor yang kondisinya masih cukup baik. Terkadang ada motor yang masih cukup baru, tapi dengan tingkat kerusakan cukup minim.

Terlepas dari itu, sepertinya Honda masih mendominasi pasar motor bekas, sekaligus motor baru di Indonesia. Terbukti dengan larisnya ketiga skutik andalannya tersebut, seakan membuat Honda tak terkalahkan di Tanah Air. Walau Yamaha masih tetap unggul dengan produknya seperti NMAX.

Be the first to comment

Leave a Reply