Pro Kontra Penalti Zarco Benar atau Salah?

Dalam kasus Zarco di MotoGP Brno, saat itu dia hendak mengejar Franco Morbidelli yang berada di posisi kedua. Kemungkinan jika Zarco melakukannya dengan benar dia akan bisa disusul Alex Rins.

Gigi Dall'Igna Senang Melihat Gaya Membalap Zarco _ Johann Zarco - MotoGP
Gigi Dall'Igna Senang Melihat Gaya Membalap Zarco

RiderTua.com – Menurut beberapa pendapat Long Lap Penalti yang dibuat Johann Zarco yang super cepat adalah salah. Semuanya harus berada dalam kedua garis, bukan hanya tapak ban yang didalam. Mungkin jika posisi Zarco tegak kecepatannya akan lebih lambat, di situlah hukuman bekerja.. Bagaimana aturan yang sebenarnya?.. Pro kontra penalti Zarco benar atau salah yang dilakukannya di Brno?

Pro Kontra Penalti Zarco Benar atau Salah?

Pro Kontra Penalti Zarco Benar atau Salah

Setiap sirkuit dipastikan memiliki ‘rute hukuman lap panjang‘ ini.. Di mana penalti atau hukuman ini dikenakan kepada pembalap yang dianggap melakukan pelanggaran.

Tujuan long lap penalty adalah menyebabkan kerugian waktu yang lebih konsisten daripada metode memaksa pembalap untuk kehilangan satu posisi, meskipun hukuman ini akan tetap ada sesuai dengan kebijakan pengawas balapan (stewards).

Pembalap yang terkena ‘Penalti Lap Panjang’ ini akan memiliki tiga lap untuk menjalani hukumannya. Pihak stewards bisa menggunakan penalti waktu yang setara jika pembalap tidak dapat menyelesaikan Long Lap Penalti, jika tiba-tiba balapan dihentikan (red flag)..

Di setiap sirkuit, ‘rute hukuman‘ ini akan ditentukan dan ditandai di titik aman di sekitar trek, (biasanya area limpasan aspal di luar belokan). Dimana ketika pembalap melintasi rute hukuman ini akan beberapa detik lebih lambat dari lintasan balap normal. Waktu yang berkurang diperkirakan (biasanya) 2 detik atau bahkan lebih… jika melintasi lap tersebut.

Hasil Race MotoGP Brno -Ceko 2020

Dalam kasus Zarco di MotoGP Brno, saat itu dia hendak mengejar Franco Morbidelli yang berada di posisi kedua. Kemungkinan jika Zarco melakukannya dengan benar dia akan bisa disusul Alex Rins.. Mengingat long lap penalti setara dengan perlambatan 2 detik..

Be the first to comment

Leave a Reply