Akibat Menang di Brno KTM Selangkah Lagi akan Dibatasi!

Di MotoGP 2020 ini, tidak seperti Honda, Ducati, Yamaha, dan Suzuki..... Pabrikan konsesi KTM dan Aprilia diizinkan untuk menguji sebebas yang mereka inginkan.

RiderTua.com – Meskipun sempat berduel dengan motor KTM (Brad Binder).. Pembalap Yamaha Fabio Quartararo mengatakan pada hari Minggu selesai balapan bahwa KTM banyak melakukan uji coba di Brno dan ‘dibantu’ Michelin dengan alokasi ban (secara otomatis KTM lebih siap dengan ban Michelin). Dan ternyata uji coba KTM lebih banyak lagi dilakukan di Red Bull Ring…! Namun berkat menang di MotoGP Ceko KTM saat ini kehilangan konsesi pengujian / konsesi mesin 3 poin.. Dan akibat menang di Brno KTM selangkah lagi akan dibatasi, jika terbukti mereka menang lagi di Austria..

Akibat Menang di Brno KTM Selangkah Lagi akan Dibatasi

Quartararo Bosan, Vinales Pingsan, Rossi Konstan, Morbidelli Sepadan

Tidak seperti Honda, Ducati, Yamaha, dan Suzuki….. Pabrikan konsesi KTM dan Aprilia diizinkan untuk menguji sebebas yang mereka inginkan. Plus mereka dapat melakukannya dengan pembalap yang dikontrak secara resmi. Satu-satunya faktor pembatas adalah 120 ban yang dialokasikan oleh Michelin untuk tahun kalender. Namun setelah menang di Brno kemarin kebebasan pengujian ini hilang bagi KTM…

Pemberian dan penghapusan konsesi didasarkan pada akrual (penyesuaian) oleh poin konsesi produsen selama balapan, dalam kondisi kering atau basah. Dengan mempertimbangkan semua pembalap yang menggunakan mesin pabrikan tersebut. Sesuai dengan Peraturan FIM World Championship Grand Prix. Ketika pabrikan mencapai enam poin konsesi selama musim, hak mereka atas konsesi untuk musim berikutnya dicabut. Namun, kini KTM menghadapi satu perubahan langsung, dengan hak mereka untuk pengujian tak terbatas. Dimana jika selama musim ‘normal’ sekarang hanya diperbolehkan lima hari maksimum diperbolehkan melakukan ujicoba.

poin konsesi motogp

Poin konsesi bersifat kumulatif berlaku selama 2 tahun. Hingga produsen mengakumulasi 6 poin konsesi dan karena itu mereka akan kehilangan konsesi. Ketika 6 poin konsesi diperoleh dan konsesi hilang, poin yang dihitung untuk pabrikan ini kembali ke nol.

  1. Juara pertama = 3 poin konsesi
  2. Podium kedua = 2 poin konsesi
  3. Tempat ketiga = 1 poin konsesi

Be the first to comment

Leave a Reply