Inilah 6 Kerja Sama Produsen Mobil Paling Menarik !

RiderTua.com – Kerja sama antar produsen mobil sudah menjadi pemandangan biasa di dunia otomotif. Yang paling terkenal yaitu aliansi ‘tiga sekawan’ Nissan-Mitsubishi-Renault. Tapi ternyata masih ada enam kolaborasi produsen mobil yang ada sejak lama tapi tak terlalu terkenal. Sebagian diantaranya sudah berjalan selama beberapa tahun.

Baca juga: Nissan Indonesia Tetap Maju Dengan Memperkuat Mereknya

Kolaborasi Produsen Mobil yang Tak Terlalu Terkenal

Kolaborasi Toyota dengan Subaru sebenarnya bukan hal yang sudah tak asing lagi. Keduanya pernah bekerja sama membuat model terbaru BRZ serta menghidupkan kembali mobil legendaris 86. Tak hanya dengan Subaru, Toyota juga menggandeng BMW untuk membawa Supra ‘reborn’ serta Z4 terbaru.

Percaya atau tidak, ternyata Toyota pernah bekerja sama dengan produsen mobil listrik terbesar di dunia, Tesla. Sayangnya hubungan mereka berlangsung cukup singkat karena perselisihan diantara kedua pabrikan tersebut. Alasannya cukup sepele, yaitu soal sel bahan bakar yang sudah lama dipakai Toyota.

Kolaborasi Singkat

Isuzu dan Honda ternyata pernah menjalin kerja sama sekitar awal tahun 90-an. Hasil kolaborasi keduanya yaitu model Honda Passport serta Isuzu Rodeo. Sayang kerja sama mereka berakhir di tahun 2002 karena kedua mobil ini tak laku di Amerika dan peringkat keselamatannya cukup buruk.

Nasib serupa juga dialami oleh Ford-Mazda, dimana mereka memulai kerja samanya pada tahun 1969 dan disudahi pada tahun 1996. Sebenarnya mereka tetap bekerja sama, tapi itu berakhir setelah Ford mengambil alih Mazda. Pada masanya, merek mobil ini tengah dilanda kesulitan finansial.

Tapi kolaborasi yang paling ‘awet’ yaitu Mercedes dengan AMG. Kerja sama ini dimulai tahun 1967 dan sukses melahirkan sejumlah mobil bertenaga super. Kolaborasi yang berjalan selama 53 tahun ini bisa dianggap sebagai yang paling sukses di dunia otomotif.

Be the first to comment

Leave a Reply