Toyota-Subaru Kembali Kerja Sama Buat Mobil Baru ?

RiderTua.com – Mungkin kolaborasi Toyota-Suzuki dan Toyota-Daihatsu sudah terdengar biasa. Sebenarnya produsen mobil ini sudah lama bekerja sama dengan Subaru untuk membawa kembali mobil legendaris 86. Kini Toyota dan Subaru kembali berkolaborasi untuk membuat mobil baru. Disebutkan kalau model ini akan berjenis ramah lingkungan.

Baca juga: Subaru BRZ-Toyota 86 Terbaru Tak Pakai Turbo ?

Toyota dan Subaru Berkolaborasi Membuat Mobil Baru

Setelah sukses dengan 86-BRZ, kedua produsen ini sepakat untuk mempererat kerja sama diantara keduanya. Dengan cara menambah saham di Subaru menjadi 20 persen, maka kolaborasi ini dipastikan bertahan cukup lama. Terlebih mereka diketahui tengah menggarap facelift untuk kedua mobil sport tersebut.

Selain itu, ternyata Toyota-Subaru juga mengembangkan produk baru lainnya, tapi kali ini berjenis mobil SUV. Salah satu media Jepang membocorkan beberapa info mengenai model tersebut. Seperti modelnya akan berupa model listrik, tentu dengan plug-in.

Nama yang Tak Asing

Kemudian nama mobil tersebut juga dibocorkan akan dinamai Evoltis untuk Subaru, sedangkan Toyota belum jelas. Tak asing? Tentu saja karena model konsepnya pernah dihadirkan jauh sebelumnya. SUV ini disebut akan memakai platform Toyota terbaru yang dikenal sebagai e-TNGA. Sesuai dengan namanya, platform ini dikhususkan untuk mobil listrik.

Tak hanya itu, platform ini dibuat dengan tujuan mengurangi biaya operasional hingga pengembangannya. Jadi Subaru-Toyota tak lagi dipusingkan dengan biaya pengembangan mobil yang cukup besar. Terlebih Toyota sudah biasa melakukan ini selama bertahun-tahun dengan produsen lainnya.

Render SUV Evoltis ini juga sempat dibocorkan di dunia maya, dan ternyata masih ada jajaran produk lainnya yang akan menggunakan platform e-TNGA. Entah apakah itu juga termasuk dari bagian kerja sama Toyota-Subaru ini.

Be the first to comment

Leave a Reply