Toyota Raum, ‘Saudara’ Avanza yang Kini Tinggal Kenangan

RiderTua.com – Karena menjadi salah satu produsen mobil Jepang yang tertua, maka tak heran kalau Toyota pernah punya banyak produk bagus. Tapi kebanyakan sudah tak diteruskan lagi karena suatu alasan. Contohnya MPV Toyota Raum yang bisa dikatakan sebagai saudaranya Avanza. Sayang mobil ini sudah tak dijual, mungkin karena kurang laku.

Baca juga: Penjualan Mobil Toyota Secara Global Sudah Pulih ?

MPV Toyota Raum Saudaranya Avanza

Raum pertama kali hadir pada tahun 1997 di Jepang. Walau terlihat seperti MPV kebanyakan di Indonesia, nyatanya Raum adalah mini MPV dengan 5 seater. Mungkin jenis ini masih jarang ditemukan di Tanah Air, mengingat MPV 7-seater yang paling banyak dibuat.

Namanya tentu sesuai dengan apa yang ditawarkannya, karena Raum dalam bahasa Jerman artinya ‘ruang yang luas’. Dan mobil ini menawarkan kabin yang begitu luas dan lega sehingga bisa muat banyak barang didalamnya. Toyota sepertinya sangat mementingkan keterjangkauan, kesederhanaan, hingga keamanan pada mobilnya.

Peraih Penghargaan Desain Terbaik

Soal desainnya, penampilan Raum memang terlihat sederhana dan ketinggalan zaman, tapi di masanya itu sudah model paling bagus. Uniknya, pilar B di samping kiri mobil sengaja dihilangkan sehingga terlihat seperti atap melayang. Konsep pintu seperti ini pernah diterapkan pada Mitsubishi RVR generasi pertama.

Walau terlihat aneh, tapi sebenarnya ada keunggulan dari absennya pilar B ini. Yaitu penumpang atau pengemudi tak lagi dihalangi oleh keberadaan pilar B yang terkadang cukup menganggu saat memasuki mobil. Apalagi bagi mereka yang menggunakannya sebagai mobil niaga, tentu ini akan menjadi kelebihan lainnya.

MPV ini juga meraih penghargaan sebagai mobil dengan desain terbaik di Jepang. Sayangnya Raum hanya bisa bertahan hingga tahun 2011 sebelum disuntik mati sepenuhnya. Kalau saja Toyota masih melanjutkan produksinya, maka Raum akan menjadi MPV unik tanpa pilar B.

Be the first to comment

Leave a Reply