Ban Mobil Tesla Bisa Copot Sendiri, Perlukah Dilakukan Recall ?

RiderTua.com – Produk Tesla dikenal punya kualitas yang sudah tak bisa diragukan lagi. Namun sebaik atau sesempurna apapun produknya tentu tak lepas dari kekurangan maupun kesalahan. Seperti masalah ban yang gampang copot dengan sendirinya pada sejumlah mobil Tesla. Belum jelas apakah perusahaan ini harus mempertimbangkan recall atau tidak.

Baca juga: Mobil Tesla Dengan Teknologi Otonom Level 5, Mungkinkah ?

Masalah Ban Gampang Copot Pada Mobil Tesla

Baru-baru ini pengguna Twitter ‘Beastlyorion’ memposting gambar keadaan Tesla Model X miliknya dengan ban yang hampir copot. Bahkan katanya mobil ini baru ia beli seminggu yang lalu, dan tak pernah mengalami tabrakan maupun kecelakaan. Meskipun pengguna Twitter lainnya memperdebatkan kalau mobilnya bisa saja punya masalah teknis.

Permasalahannya tak selesai sampai disitu, pemilik Model X ini juga mengaku kalau Tesla memintanya untuk membayar Rp 1,1 miliar. Ini karena mereka meragukan kondisi mobil yang hanya mengalami lecet di bagian bumper dan ban yang copot sudah terlihat usang. Tentu ini membuat sang pemilik merasa tak puas akan hal itu dan meminta pertanggung jawaban dari bos Tesla, Elon Musk.

Recall atau Tidak?

Ternyata ini bukan pertama kalinya mobil Tesla mengalami masalah ban copot tersebut. Jauh sebelumnya pernah ada salah satu model Tesla yang bannya copot begitu saja. Padahal kondisinya sama seperti yang dialami sang pemilik Model X: mobilnya tak pernah alami tabrakan atau kecelakaan.

Banyak orang berharap agar Tesla segera mencari tahu sumber masalahnya, atau setidaknya melakukan recall. Tapi mungkin tak sampai melakukan recall, kalau masalahnya hanya melibatkan sebagian kecil produk. Tapi kalau masalahnya bisa berakibat buruk, maka secepatnya harus ditarik untuk segera diperbaiki.

Memang bisa dibayangkan jika mobil dikendarai dalam kecepatan tinggi dan tiba-tiba ban copot dengan sendirinya, maka mobil tak bisa dikendalikan dan menyebabkan kecelakaan. Sepertinya memang harus dilakukan recall, walau Tesla sendiri belum mengomentari apapun soal masalah ini.

Be the first to comment

Leave a Reply