Mobil Tesla Dengan Teknologi Otonom Level 5, Mungkinkah ?

tesla model 3
(Foto: CleanTechnica) tesla model 3

RiderTua.com – Teknologi mobil otonom masih terus dikembangkan, walau dengan kontroversi yang ada. Sebagian diantaranya ada yang semi-otonom hingga yang sepenuhnya dikendalikan kendaraan itu sendiri. Tesla bahkan mengaku sudah siap menggunakan teknologi otonom level 5. Katanya level ini dianggap yang paling tinggi.

Baca juga: Tesla Model 3 Mendadak Tenar di Korea Selatan, Ada Apa ?

Tesla Siap Menggunakan Teknologi Otonom Level 5

Pendiri Tesla, Elon Musk, mengaku kalau perusahaannya sudah mulai menyiapkan diri untuk teknologi otonom level 5. Tentu level ini adalah yang tertinggi karena teknologi tersebut akan sepenuhnya mengendalikan mobil tanpa bantuan pengemudi. Bisa dibayangkan kalau pengemudi maupun penumpang hanya tinggal duduk dan kendaraan dapat melaju dengan sendirinya.

Mungkin ini terdengar cukup gila, tapi seharusnya sudah ada mobil dengan teknologi otonom level 5. Karena sudah sukses dengan semi-otonomnya, maka Tesla bisa melangkah ke tingkat lebih tinggi lagi. Tapi ada yang menduga kalau Tesla melakukan ini agar bisa menyalip BMW.

Teknologi Otonom Nan Canggih

Jauh sebelumnya di tahun 2017 silam, BMW mengaku kalau mereka sudah dapat menjual mobil otonom level 5 pada tahun 2021. Sayangnya rencana tersebut kandas setelah pabrikan mobil mewah ini mengakhiri kerja samanya dengan Mercedes-Benz. Keduanya sempat punya target untuk membuat teknologi otonom bersama-sama.

Sementara itu, nVidia sudah lebih dulu mengembangkan teknologi AI (artificial intelligence) di level 5. Artinya Tesla bakal menyaingi nVidia dan bukannya BMW. Meskipun ada potensi perusahaan prosesor ini akan menawarkannya kepada produsen otomotif lain.

Sepertinya persaingan teknologi otonom di dunia otomotif bakal berlangsung seru. Tentu ini akan terdengar mengejutkan karena perkembangannya lebih cepat dari prediksi yang ada. Tapi semoga saja konsumen bakal menerima teknologi baru ini dengan baik, ya…

Be the first to comment

Leave a Reply