Marc Marquez Punya Kartu Joker Bernama Portimao

Penambahan jumlah balapan dalam kalender MotoGP 2020 membantu Marc Marquez. Juara dunia bertahan dari Repsol Honda ini absen di dua seri dan kembali di seri Brno.

Marc Marquez Punya Kartu Joker Bernama Portimao

RiderTua.com – Marc Marquez punya ‘Kartu Joker’ bernama Portimao. MotoGP Portugal akan menjadi perhelatan tambahan musim ini yang digelar di Sirkuit Portimao atau Sirkuit Internasional Algarve. Dimana ibarat sebuah kartu Joker bagi pembalap Repsol itu. Peluang poin tambahan 25 sangatlah mungkin, meskipun ini tergolong trek baru. Karena Marquez adalah pembalap yang cepat beradaptasi, selain di bulan November cedera Marc sudah membaik. Dengan demikan Marc akan bisa mengikuti 12 balapan untuk comeback di MotoGP 2020.

Marc Marquez Punya Kartu Joker Bernama Portimao

Kalender MotoGP 2020 memang direncanakan ditambah di GP Portugal (bukan Estoril tapi Portimao) sebagai seri penutup musim ini. Marc Marquez memiliki satu kesempatan lagi untuk mencetak poin di saat kembali, dimana kondisinya jelas sudah fit..

Dorna telah mengumumkan bahwa mereka akan menambah putaran Eropa lainnya ke kalender MotoGP 2020 setelah pembatalan GP Argentina, Thailand dan Malaysia. Secara total memang menjadi 15 seri ( untuk kelas MotoGP 14 seri, minus Qatar). Seri Portugal sebenarnya bukan hal yang mengejutkan karena memang akan menjadi tempat diselenggarakannya MotoGP pada 10 Agustus. Sebuah keberuntungan yang bagus bagi Marc Marquez yang setelah mendapat dua nol poin setelah kecelakaan di Jerez.

algarve-circuit Portimao-Portugal
algarve-circuit Portimao-Portugal

Portimao Sirkuit Cadangan

Sirkuit Algarve sebenarnya sudah lama mengajukan untuk dimasukkan dalam kalender MotoGP. Dan Presiden FIM Jorge Viegas dari 2018 telah mengindikasikannya sebagai skenario cadangan jika ada salah satu seri gagal. Bahkan Carmelo Ezpeleta beberapa bulan lalu mengusulkan rotasi antara trek Spanyol dan Portugis untuk kalender berikutnya. Sekarang Portugal benar-benar masuk dalam slot kejuaraan akibat kondisi krisi. Selain itu Portimao juga akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Superbike dan Formula 1 tahun ini.

Alasan penunjukkan Portimao adalah satu-satunya trek yang masuk akal pada akhir November, karena di sini kondisi iklim yang masih cukup mendukung saat ini. Karena di bulan-bulan itu tidak mungkin menyelenggarakan balapan di Eropa Tengah atau Utara ( Assen, Silverstone atau Sachsenring) satu bulan sebelum awal musim dingin. Jumlah alokasi mesin yang tersedia untuk tim tidak berubah: 5 untuk Honda, Yamaha, Ducati dan Suzuki, 7 untuk KTM dan Aprilia.

Marc Marquez 9 ball

Membantu Marc Marquez

Penambahan jumlah balapan dalam kalender MotoGP 2020 membantu Marc Marquez. Juara dunia bertahan dari Repsol Honda ini absen di dua seri dan kembali di seri Brno. Pada titik ini dia tidak lagi hanya memiliki 11 balapan untuk memulihkan poin kejuaraan, namun 12 seri. Hal ini membuat peluangnya ada, meskipun segala sesuatu bisa saja terjadi. Namun peluang tetap ada, meskipun semua akan tergantung pada kondisi lengan kanan selama akhir pekan di Republik Ceko.

Bahkan di Ceko dia tidak akan 100% seperti performa tahun lalu. Marc perlu untuk memahami seberapa jauh dapat memacu motornya dengan tidak melakukan kesalahan kedua yang lebih membuat cederanya tambah parah jika jatuh lagi. Hal lain yang menentukan adalah kecepatan Ducati dan Yamaha yang memanfaatkan kondisi ini. Sementara Yamaha dan Suzuki juga sangat cepat dengan ban baru Michelin.. Namun bagaimanapun juga dengan ‘Kartu Joker’ GP Portugal ini akan mendukung harapan bagi Marc untuk gelar juara dunia kesembilannya.

Kalender 2020 Terbaru

  1. 19 Juli: Jerez (GP Spanyol)
  2. 26 Juli: Jerez (Andalusia GP)
  3. 09 Agustus: Brno (GP Republik Ceko)
  4. 16 Agustus: Spielberg (GP Austria)
  5. 23 Agustus: Spielberg (GP of Styria)
  6. 13 September: Misano (GP San Marino dan Della Riviera of Rimini)
  7. 20 September: Misano (GP Emilia Romagna dan Della Riviera)
  8. 27 September: Barcelona-Catalunya (GP of Catalunya)
  9. 11 Oktober: Le Mans (GP Prancis)
  10. 18 Oktober: Aragon (GP Aragon)
  11. 25 Oktober: Aragon (GP Teruel)
  12. 08 November: Valencia (GP Eropa)
  13. 15 November: Valencia (GP Comunitat Valenciana)
  14. 22 November: Portimao (GP Portugal)
  • (*) 08 Maret: Losail – Qatar (tidak ada Kelas MotoGP yang dilombakan)

Catatan kaki: Bagi sesiapa/ creator konten di Youtube atau video lainnya yang akan menggunakan artikel ini sebagian atau seluruhnya, memakai foto hasil editan ridertua.com, sebagai konten atau narasi, mohon disebutkan sumbernya : ridertua.com…. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply