Honda akan Bawa Kembali Kei Car Life, Kok Jadi Jazz ?

RiderTua.com – Nama Honda Life mungkin tak dikenal di Indonesia, kecuali di Jepang. Mobil mungil alias kei car ini pernah dijual dalam berbagai varian, sebelum penjualannya dihentikan pada tahun 2014, dan kabarnya kini akan di-reborn. Hanya saja Honda Life yang sekarang menggunakan desain dari Jazz terbaru. Mungkin karena keduanya sama-sama mobil kompak.

Baca juga: Honda Indonesia Masih Tetap Jualan Jazz Walau Penjualan Turun

Honda Life Menggunakan Desain Jazz

Mungkin lebih baik kalau membahas sejarah dari kei car Honda Life. Mobil ini pertama kali hadir pada tahun 1970-an di Jepang dalam tiga varian, yaitu mobil penumpang, pikap, dan step-van. Life sudah melalui lima generasi hingga produksinya diakhiri pada tahun 2014 lalu.

Kali ini Honda menghidupkan kembali Life, hanya saja model tersebut takkan dijual di kampung halamannya, melainkan di negara tetangga. Tapi ada yang janggal dari Life ‘reborn’, dimana desainnya hampir menyerupai Jazz generasi terbaru (bukan versi Jepang, ya). Dari bentuk bodi mobil hingga tampangnya benar-benar sama persis dengan hatchback andalan pabrikan otomotif ini.

Honda Jazz

Sama, Tapi Beda

Desain peleknya sepertinya diambil dari Fit ‘Jazz’ varian Ness. Walau serupa, tapi ada perbedaan yang begitu mencolok, seperti diffuser hitam dengan garis merah pada bagian belakang mobil. Apalagi beberapa tambahan yang diberikan seolah membuat Life menjadi lebih keren dari ‘kembarannya’ sendiri.

Selain ada varian biasanya, ada juga Life versi Crossover yang tetap sama dengan model Jazz. Tapi dengan tambahan roof rail, buritan dan spion berwarna hitam, diffuser silver, hingga pelek bergaya sporty. Tambahan cladding pada Life Crossover membuatnya makin terlihat gahar.

Life ‘reborn’ akan mengandalkan mesin 1.500 cc i-VTEC bertenaga 131 hp dan torsi 155 Nm. Kalau Life adalah Jazz di negara lain, apakah City Hatchback juga begitu? Sepertinya tidak, karena Honda mungkin ingin tetap mempertahankan hatchback lamanya.

Be the first to comment

Leave a Reply