Honda Mau Hentikan Penjualan Jazz di Amerika !

RiderTua.com – Setelah Civic yang disuntik mati di Jepang, kali ini giliran Honda Jazz di Amerika Serikat. Mobil hatchback ini takkan diproduksi lagi mulai tahun depan, begitupun dengan penjualannya. Honda Jazz, termasuk Civic Coupe juga akan disuntik mati di AS. Bahkan tak dijelaskan kenapa keduanya harus disudahi penjualannya disana.

Baca juga: Honda Mau Suntik Mati Civic… Di Jepang

Honda Jazz Termasuk Civic Coupe Disuntik Mati di AS

Sebenarnya Jazz bukanlah hatchback pertama yang harus meninggalkan pasar AS. Sebelumnya ada dua model sejenisnya yang mengalami nasib serupa, seperti Toyota Yaris, Ford Fiesta, dan Mazda 2. Ketiganya lebih dulu disuntik mati beberapa tahun lalu.

Memang kalau dilihat, keempat hatchback ini adalah model B-Spec, dan dengan perginya ketiga model tersebut, hanya menyisakan Jazz. Tentu kepergian Jazz alias Fit ini akan membuat konsumen loyalisnya kecewa berat. Karena tentu saja model tersebut adalah yang satu-satunya tersisa di AS.

Senasib Dengan Civic Jepang?

Sementara keberadaan Civic Coupe masih dianggap sebagai pilihan alternatif bagi konsumen yang tak terlalu suka Civic model biasa. Walau belum jelas apa yang membuat Honda menghentikan produksi dan penjualan Jazz dan Civic Coupe. Kemungkinan senasib dengan Civic di Jepang: hasil penjualanya tak sebanyak model lainnya.

Walau Civic Coupe akan pergi, setidaknya Honda masih bisa mengandalkan Civic biasa yang ke depannya akan disegarkan pada tahun 2022 mendatang. Bahkan karena dampak ini membuat peluncuran Civic Si tertunda sampai waktu yang belum ditentukan. Mungkin mereka ingin me-reschedule jadwalnya.

Yang lebih sedihnya lagi, Accord di AS takkan dijual dalam varian transmisi manual. Padahal rata-rata konsumen menyukai mobil bertransmisi manual. Tapi setidaknya ini hanya terjadi di Negeri Paman Sam, sementara negara lainnya termasuk Indonesia tak ikut kena dampaknya.

Be the first to comment

Leave a Reply