Ternyata Ada Kembaran Gran Max Dari Mazda, Lho !

Daihatsu Gran Max punya kembaran

RiderTua.com – Soal mobil kembar, Toyota-Daihatsu sudah menjadi jagonya. Kedua produsen ini selalu menghadirkan produk kembar, tak peduli itu jenis MPV, SUV, atau mobil niaga, seperti Gran Max-Town Ace. Ternyata Gran Max kembaran dengan satu model lainnya, yaitu Mazda Bongo. Seperti Town Ace, model terbaru ini punya penampilan sama persis.

Baca juga: Recall Daihatsu Gran Max-Luxio Terasa Lambat Karena…

Gran Max Kembaran Dengan Mazda Bongo

Mazda Bongo sebenarnya bukanlah model yang benar-benar baru, karena mobil niaga ini sudah ada sejak tahun 1966! Bongo sudah melalui empat generasi selama lebih dari satu dekade. Kini mobil ini memasuki generasi kelima dan penampilannya menjadi lebih simpel.

Membahas desainnya, mungkin tak usah mendetail lebih jauh karena Bongo generasi ke-5 ini sama persis dengan Gran Max. Baik dari sisi depan, samping, maupun belakang, semuanya sama. Yang membedakan hanyalah logo Mazda serta emblem Bongo di belakang mobil.

Impor Dari Indonesia

Lalu kenapa mesti pakai platform-nya Gran Max dan bukannya model lain? Mazda melihat kalau model ini punya dimensi yang cukup kompak tapi tetap memiliki ruang kargo yang luas. Dengan radius putar hingga 4,9 derajat, maka mobil sejenis Gran Max ini bisa diandalkan sebagai mobil niaga di Jepang.

Soal fitur, Bongo dilengkapi Safety Smart Assist, yang dapat melakukan pengereman otomatis. Mesin dari Town Ace, yaitu 1.500 cc 2NR-VE dipadu dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Jenis penggeraknya ada dua, yaitu 2WD dan 4WD.

Seperti Gran Max, Bongo tersedia dalam dua model, yaitu minibus dan pikap. Untuk model minibus dijual mulai Rp 250-323 jutaan, sedangkan model pikap antara Rp 231-293 jutaan. Ternyata Bongo diimpor dari Indonesia dan diproduksi oleh Astra Daihatsu Motor (ADM), sama dengan Town Ace.

Be the first to comment

Leave a Reply