Suzuki Ertiga akan Kedatangan Rival Baru dari Tata Motors, Nih !

tata motors
(foto: TruckMagz) tata motors

RiderTua.com – Mendengar nama Tata Motors, yang pertama terbayang adalah produsen yang menjual berbagai macam kendaraan komersial. Tapi jangan salah, sebenarnya mereka membuat mobil penumpang, lho. Dan kabar terbaru menyebut kalau Tata tengah menyiapkan mobil berjenis LMPV, yang disebut akan menjadi rival utamanya Suzuki Ertiga. Meskipun pengembangannya baru sebatas pembuatan platform-nya, tapi kehadiran model ini akan sangat menjanjikan.

Baca juga: Tata Motors Tawarkan Kerjasama Kelola Merek Jaguar Land Rover

Tata Menyiapkan Mobil LMPV Rival Ertiga

Platform yang akan dipakai mobil LMPV Tata adalah ALFA, yang disebut masih terbilang fresh dan baru dipakaikan pada Altroz. Dengan platform ini, maka Tata punya dua pilihan konfigurasi tempat duduk, entah itu 5-7 seater atau 6-7 seater layaknya Ertiga. Model sekelasnya seperti Mahindra Marazzo saja punya konfigurasi 6-seater, dan itupun dilengkapi dengan captain seat.

Mungkin ada yang aneh? Sepertinya begitu, karena Altroz berupa mobil hatchback. Tapi tak ada yang mustahil bagi Tata Motors dalam mengembangkan LMPV terbarunya, sehingga itu bukan menjadi masalah besar. Walau mereka butuh waktu lama untuk menyelesaikannya hingga menjadi produk siap produksi massal.

LMPV Tata akan menggunakan platform dari mobil ini

Mesin Berkapasitas Serupa?

Informasi lainnya menyebut kalau Tata akan memakai mesinnya Nexon pada LMPV ini, yang tak lain adalah mesin 1.500 cc turbo diesel. Bertenaga 108 hp dan torsi 260 Nm, model tersebut punya tenaga lebih besar dari Ertiga Diesel yang pernah dijual di Indonesia. Memang kalau sudah dipakaikan turbo, mau seberapa besar kapastias mesinnya, maka tenaga dan torsinya akan meningkat.

Kapasitas mesinnya yang setara dengan Ertiga inilah yang membuat LMPV Tata ini akan menjadi rival bagi mobil Suzuki tersebut. Walau Ertiga tidak sendiri, karena di segmen LMPV di India masih punya penantang lainnya seperti Marazzo dan Toyota Innova. Jadi akan ada tiga model yang akan menjadi kandidat rival produk terbaru Tata.

Jadi kapan LMPV Tata ini dirilis? Katanya sih baru diluncurkan pada tahun 2022 mendatang di India. Jangan harap Tata Motors bisa membawanya ke Indonesia, walau segmen LMPV sangat digemari konsumen. Sepertinya produsen asal Negeri Bollywood ini lebih memilih berjualan kendaraan komersial di Tanah Air ketimbang mobil penumpang.

Be the first to comment

Leave a Reply