Kenapa Johann Zarco yang Memakai Superbike untuk Latihan Tidak Kena ‘Tilang’ FIM?

Pada dasarnya, mereka ingin mencegah pembalap MotoGP dari pengujian dengan Superbike asli

Johan Zarco Ducati V4

RiderTua.com – Aturan baru yang mengatur larangan tentang syarat dan ketentuan latihan membuat beberapa rider ‘kena tilang‘.. Johann Zarco yang memakai motor superbike V4 yang secara harga lebih mahal dari yang dipakai Fabio Quartararo tidak atau belum terindikasi melanggar.. Ducati memang merasa tidak melakukan pelanggaran terkait aturan baru tentang latihan. Dan kenapa Johann Zarco yang memakai Superbike untuk latihan tidak kena tilang FIM?.. berikut ini pendapat Paolo Ciabatti, direktur olahraga Ducati MotoGP.

Kenapa Johann Zarco yang Memakai Superbike untuk Latihan Tidak Kena Tilang FIM

Yamaha R1 Pangale V4 R
Turunan MotoGP ( katanya)

Ciabatti mengatakan, “Saya setuju bahwa rilis FIM harus berisi nama dan indikasi yang tepat, untuk mencegah spekulasi. Dalam kasus seperti ini, pemberitahuan pribadi kepada tim akan lebih tepat dan memadai, untuk memberi mereka kesempatan untuk menjawab”.

Apa yang sebenarnya dilarang? Apa yang disebutkan dalam aturan pasal 1.15.1. c) dari peraturan tersebut?.. “Pada dasarnya, mereka ingin mencegah pembalap MotoGP dari pengujian dengan Superbike asli”…

Takaaki Nakagami CBR1000RRR
Knalpotnya sudah racing?

Apa perbedaan antara Superbike “asli” atau turunan yang dimodifikasi?.. “Secara praktis, mesinnya tidak harus selengkap yang dimiliki oleh Superbike, juga tidak harus memiliki elektronik Superbike yang tentu saja, sangat berbeda dari motor standar. Itulah sebabnya pembalap kami menggunakan Panigale standar, atau lebih tepatnya, Panigale V4S, yang memiliki kapasitas 1100cc,” ujar Ciabatti..

Fabio Quartararo

Jadi sepertinya Fabio mungkin telah menggunakan elektronik Yamaha YZF-R1 Superbike … Sebenarnya hal ini bisa dilihat dari tipenya dengan memeriksa dasbor. Mengenai Nakagami sepertinya mengatakan bahwa dia menggunakan Honda CBR 1000 RR-R Alvaro Bautista untuk latihannya. Meskipun dengan cerdik Nakagami mengatakan bahwa yang digunakannya adalah motor yang versi produksi massal..

Be the first to comment

Leave a Reply