Ada Skutik ‘Jiplak’ NMAX di Filipina, Yamaha: Santai Aja !

RiderTua.com – Belakangan ini media sosial diramaikan dengan penampakan skutik mirip Yamaha NMAX di Filipina. Walau dengan nama Easyride 155, tapi penampilannya yang begitu mirip dengan skutik andalan produsen berlogo garpu tala ini tersebut menimbulkan perdebatan. Tapi keberadaan kloning NMAX tersebut sepertinya tak mengusik Yamaha Indonesia. Bahkan mereka malah santuy menanggapinya!

2017-Yamaha-NMAX-155
2017-Yamaha-NMAX-155
Baca juga: Yamaha akan Tantang Kawasaki Dengan Motor Turbonya !

Kloning NMAX Tak Mengusik Yamaha Indonesia

Skutik Easyride 155 tersebut merupakan hasil produksi dari Motorstar, produsen yang berbasis di Filipina. Diketahui kalau motor ini dibuat dengan suku cadang dari China, tapi dirakit secara domestik. Walau begitu, penampilannya yang bikin ribut semua orang karena mirip NMAX.

Melihat dari bentuk bodinya, memang sekilas mirip dengan NMAX, dengan bodi bagian tengah dan belakang yang begitu serupa. Hanya tampangnya saja yang berbeda… Tepatnya agak berbeda sedikit. Lalu, bagaimana komentar Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) soal Easyride?

Bukan Pertama Kalinya?

Agaknya YIMM tak terlalu mempermasalahkan adanya kloningan dari skutik andalannya, NMAX. Yamaha sendiri tak mau berkomentar banyak soal Easyride 155 tersebut, karena hanya dijual di Filipina saja. Jadi skutik tersebut tak menjadi masalah bagi mereka, setidaknya untuk sekarang.

PCX Tak Mudah Menggebuk NMAX
(Foto: Otomotif Kompas) Yamaha nmax 125 untuk pasar eropa

Ternyata setelah ditelusuri, ini bukan pertama kalinya Motorstar ‘menjiplak’ skutik terlaris di Indonesia. Pada tahun 2018 lalu, produsen ini mengenalkan Easyride 150RS yang punya banyak kemiripan dengan Honda Vario. Bagian jok, bodi samping dan belakang, hingga lampu belakangnya terlihat begitu mirip, walau tampang dan headlamp-nya berbeda.

Sepertinya ini sudah menjadi hal lazim di dunia otomotif, dimana ada saja produsen yang ‘menjiplak’ satu model untuk modelnya. Masih ingat dengan mobil hasil jiplak dari salah satu model Lamborghini?

Be the first to comment

Leave a Reply