Yamaha akan Tantang Kawasaki Dengan Motor Turbonya !

RiderTua.com – Di dunia sepeda motor, turbo mungkin masih jarang dipakai, tak seperti mobil. Namun Kawasaki sempat menjadi sorotan karena punya model dengan mesin supercharger, bahkan itupun model produksi massal. Tentu Yamaha merasa tertantang untuk membuat pesaing Kawasaki. Bahkan mereka ingin menyematkan turbocharger.

(autonetmagz.com)
Baca juga: Yamaha Pastikan Suku Cadang R25 Lama Masih Tersedia

Yamaha Membuat Pesaing Kawasaki

Kabar ini muncul setelah Yamaha ketahuan mematenkan desain motor terbaru yang bertenaga turbo. Modelnya agak mirip dengan MT-10, tapi ‘lebih kurus’ walau bagian mesinnya lebih simpel. Jika benar Yamaha membuatnya, ini bukan pertama kalinya mereka membuat motor dengan turbo.

Memang Yamaha pernah membuat motor turbo sebelumnya, tapi itu di tahun 80-an lewat model XJ650. Tapi jelas merek berlogo garpu tala ini takkan menggunakan teknologi turbo lamanya untuk motor modern. Lha, terus mau diapakan?

Konsep Berbeda

Yamaha mungkin akan menyiapkan dua konsep sistem turbo untuk motornya, salah satunya yaitu exhaust headers. Sistem ini sudah biasa dipakai di dunia otomotif, walau kebanyakan dipakaikan pada mobil. Tapi Yamaha sepertinya menganggap kalau sistem tersebut cocok untuk motornya, karena mampu menghasilkan tenaga besar.

Yamaha XJ650

Kalau motor diberi turbo, otomatis tenaganya meningkat hingga 30-40 persen dari tenaga semula. Sebagai contoh, MT-10 punya tenaga 155 hp, dan jika diberi turbo maka tenaganya naik hingga 20 hp! Bahkan Yamaha tak perlu repot-repot lagi mengurusi standar emisi, karena penambahan turbo tak melibatkan penambahan kapasitas mesin. Ini yang biasa disebut sebagai downsizing.

Kabar lain menyebut kalau tak hanya motor baru Yamaha yang kebagian turbo, tapi juga MT-09. Meski kapasitasnya diturunkan, tapi turbo masih mampu memberi tenaga lebih besar. Berbekal teknologi turbocharger, Yamaha bisa menyaingi motor supercharger Kawasaki.

Be the first to comment

Leave a Reply