Pengembang Motor Balap Sejati? Racikan Dani Pedrosa Banyak Dapat Pujian, Cocok dengan Semua Pembalap KTM!

Pedrosa adalah pembalap paling berpengalaman di tim KTM. Dia pernah membela tim Honda MotoGP dan sudah melakukan 236 kali race untuk Honda di kelas utama.

Dani Pedrosa- KTM

RiderTua.com – Pengembang motor balap Sejati?… Pengalaman 13 tahun Dani Pedrosa di tim MotoGP Repsol Honda sangat penting untuk KTM. Legenda balap tes rider tim Austria itu sedang meningkatkan pengendalian motor RC16. Sedemikian rupa sehingga sesuai dengan gaya balap apapun. Motor hasil racikan Dani Pedrosa banyak dapat pujian, cocok dengan semua pembalap… Kini Dani fokus pada traksi atau memperkuat daya cengkeram saat exit corner yang merupakan kunci untuk mempermudah overtaking..

Motor Hasil Racikan Dani Pedrosa Banyak Dapat Pujian

Tes rider andalan Dani Pedrosa sudah memberi banyak masukan kepada insinyur KTM untuk pengembangan RC16. Motor baru untuk musim balap 2020 banyak mendapat pujian dari semua pembalap reguler KTM. Meskipun masih harus dilihat pada balapan nyata, seberapa besar kemajuannya.

Tahun ini Pedrosa sudah dua kali menguji motor di lintasan. Pada awal Februari, pembalap Spanyol itu menghabiskan empat hari di trek Sepang-Malaysia. Dan pada akhir Mei, tim yang bermarkas di Austria itu melanjutkan tes dengan Pedrosa dan Pol Espargaro selama dua hari di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg-Austria.

Dani Pedrosa- Pol Espargaro- Iker Lecuona-Brad Binder- Miguel Oliveira

Cocok dengan Semua Jenis Gaya Balap

Di lansir situs resmi MotoGP.com, Dani Pedrosa berujar, “Motor sudah banyak berubah sejak saya mulai menguji KTM. Kami telah membuat peningkatan yang disukai semua pembalap KTM (tidak mengacu pada satu macam gaya pembalap). Motor ini lebih cocok dengan gaya berkendara yang berbeda, itu yang penting.”

Pedrosa adalah pembalap paling berpengalaman di tim KTM. Dia pernah membela tim Honda MotoGP dan sudah melakukan 236 kali race untuk Honda di kelas utama. Menjadi runner-up MotoGP sebanyak tiga kali dengan 31 kemenangan dan total 112 podium.

Tentunya itu adalah pengalaman yang sangat berharga bagi para insinyur KTM. “Saya berbicara dengan KTM tentang apa yang tidak berhasil. Saya juga mendapat laporan dari pembalap tentang apa yang tidak mereka sukai. Kami ingin motor menjadi lebih baik di semua jenis sirkuit,” kata Pedrosa.

Sebastian Risse- Dani Pedrosa KTM

Mempertajam Traksi pada Exit Corner

Apa saja yang sudah “disembuhkan” Dani? .. Pada tes Februari, keausan ban pada saat full race sudah membaik. Itu adalah masalah yang dialami Pol Espargaro beberapa kali di paruh kedua balapan tahun lalu. Traksi dan cengkeraman saat keluar tikungan (exit corner) adalah aspek penting.

“Menyalip adalah masalah… jika pembalap mulai dari jauh di belakang, menyalip (overtaking) tidak mudah. ​​Jika pembalap mengikuti seseorang, dia dapat memiliki masalah grip atau daya cengekeram. Dan tidak memiliki keuntungan dalam fase pengereman untuk menyalip,” kata Pedrosa.

Jika seorang pembalap keluar dari tikungan dengan lebih baik, dia lebih cepat pada saat melaju di lintasan lurus dan mungkin dapat memulai manuver pengereman di ujung lintasan. “Kami sedang berupaya memiliki lebih banyak daya dorong di tikungan keluar, sehingga kita dapat menyalip,” kata Pedrosa.

Dani Pedrosa KTM

Bisa dilihat peran Dani begitu besar, namun sangat disayangkan jika benar Pol Espargaro tahun depan pergi ke Repsol. Hasil pengembangan tidak akan bisa dimaksimalkan oleh pembalap paling berpengalaman di KTM..

2 Comments

Leave a Reply