Valentino Rossi Menjadi Poros Sentral Penarik Investasi Baru Asia Tenggara Bagi Petronas

MotoGP sedang membahas penambahan jumlah balapan di negara Vietnam dan Indonesia. Petronas memiliki rencana jangka panjang dan mereka sangat gembira karenanya.

Valentino Rossi Siap Sambut MotoGP 2021 di Petronas Yamaha
Valentino Rossi Siap Sambut MotoGP 2021 di Petronas Yamaha

RiderTua.com – Valentino Rossi adalah mesin pemasaran yang ampuh yang terbantahkan bagi setiap sponsor. Meskipun diujung usia karirnya, namun daya tariknya masih bersinar. Di MotoGP 2019, dari 22 pembalap di grid, Valentino masih mampu menempati peringkat ke-7 diusianya sekarang. Bahkan bagi Petronas SRT merekrutnya merupakan kesempatan yang tidak dapat diulang bagi tim besutan Razlan Razali itu. Bos tim Petronas itu melalui media SportBusiness, berbicara peluang bisnis ini di Asia Tenggara . Valentino Rossi menjadi poros sentral penarik investasi baru Asia Tenggara bagi Petronas…

Valentino Rossi Menjadi Poros Sentral Penarik Investasi Baru Asia Tenggara Bagi Petronas

Valentino Rossi petronas

Tahun 2020 Asia Tenggara dengan populasi 668.619.840 jiwa dan kelas menengah yang berkembang, merupakan pasar kendaraan roda dua terbesar di dunia. Saat ini, rata-rata negara di Asia Tenggara memiliki populasi penduduk berusia muda (di bawah 35 tahun) sebesar 60 persen. Sirkuit Sepang yang merupakan ‘markas’ Petronas adalah pusat gravitasi olahraga balap motor, ditambah Buriram yang mampu menyedot 95.000 penggemar MotoGP di 2019.

Razlan mengatakan bahwa potensi kawasan ini belum sepenuhnya terealisasi. Dalam pandangannya, ada pasar yang lebih luas dari sponsor lokal di mana Petronas Yamaha SRT dapat memanfaatkannya. “Saat ini, kami masih harus memanfaatkan semua potensi ini untuk sponsor dan dukungan regional. Sementara kami memiliki sejumlah sponsor yang berbasis di Asia, seperti mitra utama kami Petronas, RCB dan KYT, … sisanya adalah sponsor Eropa.

Bos tim Malaysia itu tidak hanya memiliki visi dalam bidang olahraga, tetapi juga visi bisnis. Dalam hal ini Valentino Rossi dapat mewakili poros sentral untuk menarik investasi baru. “Kami dapat menjadi platform bagi perusahaan-perusahaan Asia Tenggara untuk bergabung dengan tim dan para pembalapnya untuk meningkat melalui sponsor dan merek. Pada akhirnya, itu harus diterjemahkan ke dalam penjualan dan kami memiliki kemampuan yang kuat untuk melakukannya, ” katanya kepada media sportbusiness.com.

Sirkuit-Mandalika-Lombok
Sirkuit Mandalika Lombok, Indonesia

MotoGP Berkembang di Asia

Selain itu, MotoGP sedang membahas penambahan jumlah balapan di negara Vietnam dan Indonesia. Petronas memiliki rencana jangka panjang dan mereka sangat gembira karenanya. Mereka ingin menunjukkan bahwa orang Asia memiliki kemampuan, kompetensi, dan keinginan untuk menjadi sebaik tim Eropa.

Razali kini ibarat memiliki mainan penting di tangannya, karena Petronas SRT satu-satunya tim MotoGP yang berbasis di Asia Tenggara, sebuah wilayah yang sering dijuluki sebagai “two-wheeled economy” alias pasar gurihnya roda dua .

Razlan Razali baru-baru ini berbicara tentang negosiasi yang sedang berlangsung dengan Valentino Rossi untuk musim MotoGP 2021. Dia berbicara tentang kesulitan dalam menemukan kesepakatan pada setiap poin, kesepakatan dengan para sponsor. Tim Yamaha Petronas SRT ingin memanfaatkan kedatangan juara dunia sembilan kali itu, terutama di tengah-tengah krisis ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Raksasa minyak Malaysia itu juga sudah mensponsori Mercedes di F1…

Dengan bergabungnya Rossi di tim Malaysia akan membantu percepatan bidang usaha Petronas diterima konsumen di seluruh Asia Tenggara dan dunia..

Be the first to comment

Leave a Reply