Valentino Rossi Tidak Membuat Tim Satelit Jika Pensiun, Suzuki dan Aprilia Juga Tanpa Tim Satelit

Saat ini ada 6 tim satelit di MotoGP: Red Bull Tech3, LCR Honda, Gresini Racing, Pramac, Reale Avintia Racing dan Petronas SRT.

Valentino-Rossi-VR46-Petronas

RiderTua.com – Pihak penyelenggara MotoGP dalam hal ini CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta menginginkan keenam pabrikan memiliki tim satelit. Itu artinya akan ada 24 pembalap yang akan bersaing di trek. Namun Suzuki dan Aprilia hanya akan menurunkan dua motor tahun depan di MotoGP 2021. Dengan kondisi saat ini Valentino Rossi tidak membuat tim satelit jika pensiun, Suzuki dan Aprilia juga tanpa tim satelit di MotoGP 2021

Valentino Rossi Tidak Membuat Tim Satelit Jika Pensiun, Suzuki dan Aprilia Juga Tanpa Tim Satelit

Alex Rins- Joan Mir-Davide Brivio-Suzuki MotoGP

Kontrak lima tahunan antara pabrikan (Honda, Yamaha, Suzuki, Ducati, KTM dan Aprilia), dengan MotoGP berakhir tahun 2021. Beberapa isi kontrak menyebutkan antara lain jumlah maksimum balapan adalah 20 seri, dan setiap tim satelit menerima bantuan 2,5 juta euro (39,5 Miliar) dari Dorna untuk setiap pembalap. Paket sewa motor bagi tim mandiri dibatasi dengan 2,2 juta Euro per pembalap setiap musim.

Sejauh ini, belum ada indikasi munculnya pabrikan baru seperti Kawasaki, BMW atau MV Agusta di kontrak baru pada tahun 2022. Dan bos Dorna Carmelo Ezpeleta tidak merahasiakan fakta bahwa.. Dia sudah cukup senang dengan 6 pabrikan saat ini Honda, Yamaha, Suzuki, Ducati, KTM dan Aprilia.

Tim-Satelit-Suzuki-Sky-VR46

Tim MotoGP VR46

Paling tidak untuk saat ini kita tahu bahwa Valentino Rossi tidak akan membuat tim satelit Yamaha MotoGP sendiri setelah pengunduran dirinya nanti. Hal ini dikarenakan dia dapat dengan sempurna mengakomodasikan anak didiknya seperti Bagnaia di Pramac Ducati atau Morbidelli di Petronas Yamaha. Disamping itu dia tidak perlu pusing harus menyediakan dana 15 juta Euro, jika punya tim sendiri di MotoGP.

Bradley Smith -Andrea Iannone- Aleix Espargaro

Kontrak Tim Satelit Saat ini

Saat ini ada 6 tim satelit di MotoGP. Seperti Red Bull Tech3, LCR Honda, Gresini Racing, Pramac, Reale Avintia Racing dan Petronas SRT. Negosiasi dengan mereka sedang berlangsung. Dan paling lambat di musim panas 2020, kontrak akan diperpanjang hingga akhir 2026. Hal ini demi memastikan stabilitas, kontrak Dorna dengan FIM akan berjalan hingga 2041.

Tidak ada yang akan berubah dalam alokasi pembalap dan motor. Yamaha memiliki total empat, KTM memiliki empat, Ducati saat ini enam (Pramac dan Avintia), Honda empat untuk Repsol dan LCR. Aprilia adalah satu-satunya pabrikan yang tidak memiliki tempat sendiri, memakai Gresini dengan dua line up.

Jika Aprilia memakai bendera pabrikannya sendiri, Aprilia yang sekarang otomatis menjadi tim satelit Gresini, kontrak lima tahun tetap harus ditandatangani.

1 Comment

  1. Kalo musim 2022 setelah kontrak tim habis 2021 akhirnya aprilia berdiri pabrikan dan gresini jadi satelitnya bisa dong, kan jadi ngisi 2 slot kuota yang kosong karna suzuki gak ada satelit dan ducati ada 2 satelit, kalo pun avintia 2022 ada deal sama suzuki brati aprilia sama gresini tetep bisa berdiri masing2 trus gresini jadi satelit aprilia brati grid GP full 24 rider, gak ada masalah

Leave a Reply