Yamaha Akan Produksi Skutik Adventure ADV-Max? Honda ADV Akan Memberangus NMax?

Di Iwata Jepang mereka sudah menjajaki kemungkinan mengembangkan model skuter maxi dengan kemampuan off- road, yang juga bisa mengambil kembali beberapa kue dari X-ADV.

Yamaha TMax Off Road X-ADV

RiderTua.com – Di ranah skutik bongsor, ketika Honda mempresentasikan X-ADV pertama kalinya pada tahun 2017, merek sayap emas itu segera memperoleh segmen penting yang belum pernah disadari oleh rivalnya.. Konsepnya adalah: bahwa skuter multipurpose maxi-scooter sudah sukses sejak bertahun-tahun lamanya. Tentu saja bukan di roda dua, namun di mobil dengan segmen SUV, kendaraan yang memiliki tampilan 4×4 dan posisi mengemudi yang tinggi dan mampu dibejek di medan sulit untuk off road.. Apakah Yamaha akan produksi Skutik Adventure ADV-Max?

Yamaha Akan Produksi Skutik Adventure ADV-Max?

Honda X ADV Off Road

Terbukti Honda X-ADV bisa diandalkan dan faktanya telah mencapai salah satu kesuksesan penjualan terbesar dalam dekade terakhir. Varian segmen lain dengan ‘alam’ yang sama Honda CB 500 X, sepeda motor non-skuter paling banyak dijual oleh merek Jepang di Eropa (Spanyol) selama 2019 dengan 1.839 unit. Semua alasan tertuju pada filosofi “multifungsi” yang diusung oleh X-ADV.

YamahaTMAX

Meski beda segmen di Spanyol Honda berhasil menjual skutik berteman off road sebanyak 1.668 unit. Menempel ketat Yamaha T-MAX, yang mencapai angka penjualan 1.959 unit ..

X-ADV Memberangus T-Max

Bukan tidak mungkin Honda akan memberangus T-Max dengan X-ADV.. Mengingat bahwa Honda telah mampu mencapai sasaran dengan X-ADV-nya dan memberikan bukti nyata kedatangan pesaing baru di segmen skuter maxi dengan harga yang jauh lebih rendah dari T-MAX, SYM Maxsym TL atau Kymco AK -550..

Advance Red ADV150

Yamaha tampaknya sedang menjajaki kemungkinan memperluas jangkauan skuter maxi melalui model baru berbasis pada T-MAX dengan semangat yang lebih SUV atau scrambler (Off Road), mempertahankan sistem transmisi CVT yang selalu menjadi ciri khas nya.

Yamaha Motor Eropa, Paolo Pavieso
Yamaha Motor Eropa, Paolo Pavieso

Honda Cerdas

Bahkan Direktur Pemasaran Yamaha Motor Eropa, Paolo Pavieso, menyebut langkah Honda dengan X-ADV sangat cerdas.!!. “Saya pikir itu mungkin menarik beberapa pelanggan potensial untuk T-MAX sedikit, tetapi tidak akan banyak. Mereka mampu mengumpulkan audiens yang besar dengan menyatukan dua tren: bahwa dari skuter kinerja tinggi, sesuatu yang terlahir dengan TMAX, dan keinginan pelanggan untuk duduk dalam posisi terangkat dengan setang lebar. Ini adalah SUV-nya roda dua pertama. Yang dilakukan oleh Honda bagus, “kata manajer Yamaha itu.

Memakan 20% Kue Yamaha, Di Jepang Mendevelope Skuter Maxi Off-Road

Menurutnya, X-ADV bisa saja memotong 20% dari volume penjualan T-MAX 500-nya. Dan dia tidak menyembunyikan bahwa di Iwata mereka sudah menjajaki kemungkinan mengembangkan model skuter maxi dengan kemampuan off- road, yang juga bisa mengambil kembali beberapa kue dari X-ADV.

Yamaha Motor Eropa, Paolo Pavieso

“Tidak ada dalam DNA kita untuk mengikuti apa yang dilakukan orang lain (Follower). Tetapi jelas bahwa dalam hibridisasi antara dunia sepeda motor dan skuter ada ruang untuk melakukan hal-hal lain. Tidak ada yang diputuskan.

“Di masa lalu kita telah memikirkan banyak tentang ini. Dan kami akan melakukannya di masa depan, jadi kami tidak dapat mengatakan bahwa platform ini tidak akan tumbuh. Tetapi jika ya, itu tidak akan terjadi dalam dua tahun ke depan, ” tambah direktur pemasaran Yamaha Motor Europe.

Bagaimana Kans NMax Adventure?

Cepat atau lambat Yamaha akan membuat Nmax versi SUV atau adventure (ADV-Max). Jika Honda gencar menjadikan ADV sebagai tren kuat motor adventure. Bukan tidak mungkin langkah yang diambil Yamaha Global ini akan berlanjut di Indonesia.. Dan indikasinya kuat!.. Motor yang serbaguna adalah potensi pasarnya lebih besar dan gurih..bin Maknyuss

1 Comment

Leave a Reply