Volvo Gandeng Daimler Buat Truk dan Bus Hidrogen

RiderTua.com – Mobil betenaga hidrogen mungkin sudah biasa, tapi bagaimana kalau truk dan bus hidrogen? Memang masih belum ada yang membuatnya, kalaupun ada itupun sebatas model konsep. Sehingga Volvo manfaatkan kesempatan ini untuk bekerja sama dengan Daimler. Mereka akan membuat truk dan bus hidrogen nantinya.

Baca juga: Daimler dan Geely Berhasil Selamatkan smart dari ‘Suntik Mati’

Volvo Bekerja Sama Dengan Daimler

Soal truk atau bus listrik memang sudah digarap, tapi tidak dengan hidrogen. Padahal produsen otomotif bisa memanfaatkan keadaan ini untuk lebih dulu membuatnya. Sejauh ini Mitsubishi yang pertama mengenalkan truk hidrogen.

Volvo yang disebut sebagai ‘ahlinya bus dan truk’ melihat kesempatan ini dan mulai menyusun rencana. Seperti mereka akan menggandeng Daimler untuk mewujudkan kendaraan komersial bertenaga hidrogen. Keduanya akan membentuk perusahaan patungan yang setengahnya dikelola oleh masing-masing.

Truk dan Bus Hidrogen

Lalu kenapa harus Daimler? Sebenarnya mereka sudah berpengalaman soal mobil hidrogen selama dua dekade. Pastinya mereka takkan mengalami masalah dalam pengembangan teknologi hidrogen untuk kendaraan komersial.

Perusahaan tersebut dikatakan akan beroperasi sebagai perusahaan mandiri. Jadi seperti divisi oleh produsen mobil, yang kemudian menjalankan usahanya sendiri. Tapi tetap saja perusahaan ini menjadi penanda kalau Volvo dan Daimler bekerja sama.

Kesepakatan kerja sama ini akan dimulai pada kuartal ketiga tahun ini. Nantinya perusahaan tersebut punya markas di Jerman, dan fasilitas produksinya di Kanada dan Jerman. Sepertinya menarik untuk menanti hasil kerja sama dari kedua produsen otomotif ini.

Be the first to comment

Leave a Reply