Mesin Hybrid Anyar Land Rover yang Kecil Tapi Bertenaga !

RiderTua.com – Land Rover sudah mulai bergerak di segmen mobil hybrid. Dengan mengenalkan mesin hibrida anyar yang disebut punya kapasitas kecil, tapi tetap bertenaga. Tepatnya 1.500 cc 3 silinder turbo, yang rencananya akan dipakaikan pada Discovery Sport dan Evoque. Tentu ini akan menambah jajaran produk dari mobil SUV mewah tersebut.

Baca juga: Tahun Ini, Land Rover akan Rilis Discovery Hybrid

Mesin Hybrid Baru Land Rover

Jauh sebelumnya, Land Rover sempat mengumumkan kehadiran Discovery versi hybrid. Sementara Evoque sudah punya versi PHEV-nya, dan dijual beberapa tahun lalu. Tapi kenapa mesti mesin hybrid 1.500 cc 3 silinder?

Padahal mesin ini punya kapasitas kecil, dan Discovery serta Evoque punya mesin berkapasitas lebih besar. Kecuali untuk Evoque PHEV, yang menggunakan mesin dengan kapasitas serupa. Tapi tenang saja, ada turbo yang bisa menyumbangkan tenaga lebih besar.

Mesin Hybrid dengan Turbo

Disebutkan kalau mesin ini dilengkapi dengan Integrated Starter Generator (ISG) yang fungsinya mirip dengan EQ Boost. Ada satu motor listrik pada electric rear axle drive (ERAD) bertenaga 109 ps dan torsi 260 Nm. Didukung dengan baterai lithium-ion 15 kWh yang dipasang di jok belakang.

Dengan motor listrik tersebut, maka mesin ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 309 ps dan torsi 540 Nm. Tentu tenaga yang cukup besar, bahkan jika nanti dipadu dengan turbo. Ada dua cara pengisian baterainya, yaitu normal dan fast charging.

Untuk mendukung mesinnya, maka Land Rover menyematkan tiga mode berkendara, yaitu Hybrid, EV, dan Safe. Entah kapan tepatnya Discovery Sport dan Evoque akan mendapat mesin ini.

Be the first to comment

Leave a Reply