Mesin V8 dari Toyota Takkan Digunakan Lagi ?

RiderTua.com – Selama ini mesin V8 menjadi andalan bagi produsen mobil. Namun entah mengapa mesin jenis ini sudah mulai ditinggalkan begitu saja. Seperti Toyota, yang mana mereka sudah tak lagi menggunakannya. Mereka akan menggunakan mesin lebih kecil, yaitu V6.

Baca juga: Inilah Lima Calon Mobil Baru dari Toyota !

Mesin V8 Toyota Kini ‘Ditinggalkan’

Jenis mesin ini sudah lama digunakan oleh Toyota hingga bertahun-tahun lamanya. Tapi sepertinya era V8 akan berakhir sebentar lagi. Kalaupun ada yang masih menggunakannya, jumlahnya tak sebanyak dulu.

Dikabarkan ada tiga mobil yang takkan mendapat mesin ini pada generasi berikutnya, yaitu Sequoia, Tundra, dan Land Cruiser. Nantinya generasi terbarunya menggunakan mesin V6. Sepertinya mobil lainnya akan menyusul suatu saat nanti.

Mesin V6 Lebih Unggul dari V8?

Sebenarnya pengalihan dari V8 ke V6 ada alasannya. Mesin dengan turbo seakan sudah menjadi tren di dunia otomotif. Saat ini mesin V4 dengan turbo saja sudah mampu menghasilkan tenaga setara dengan V6 atau V8, atau bahkan V8 turbo lebih bertenaga dari V12.

Sementara itu, V8 dapat dikembangkan menjadi mesin twin-turbo. Seperti yang akan dilakukan Lexus, dan mesin tersebut akan diterapkan pada mobil sport-nya, dan Toyota bisa saja ‘meminjamnya’. Bisa jadi mesin ini dipakaikan pada model LC F atau LX (Land Cruiser versi Lexus).

Ke depannya, Toyota akan memasuki masa transisi dari mesin V8 ke mesin V6. Semua pabrik produksinya yang ada di seluruh dunia akan beralih membuat mesin ini.

Be the first to comment

Leave a Reply