Ciamik, Motor Listrik Custom dari Bahan Daur Ulang Buatan Anak Bangsa

RiderTua.com – Produsen motor listrik di Indonesia memang tak banyak, hanya segelintir saja. Namun beberapa orang dengan tingkat kreativitas yang tinggi mampu mewujudkan sebuah motor listrik custom. Greta, motor listrik custom yang dibuat dari bahan daur ulang ini merupakan buatan anak bangsa.

Baca juga: Energica, Pabrikan Motor Listrik Italia Ini Mulai Ekspansi ke Indonesia

Ciamik, Motor Listrik Custom dari Bahan Daur Ulang Buatan Anak Bangsa

Adi Cahya, melambungkan angannya untuk menciptakan sebuah motor yang benar-benar ramah lingkungan. Berbekal beberapa komponen yang dia comot dari motor listrik Zero SR, Adi pun mulai mengerjakan proyek motor impiannya.

“Saya hanya ambil motor, battery pack, dan komponen suspensinya kemudian saya rancang ulang geometri kendaraannya sehingga sudah jauh berbeda dengan motor aslinya Zero SR,” tutur Adi.

Hampir semua bagian adalah hasil rancangannya. Dari jarak antar sumbu roda (wheelbase), sudut kemudi depan (rake), posisi duduk, hingga jarak terendah ke tanah (ground clearance) hingga layout komponennya semua telah diubahnya. 

Bahan Daur Ulang Botol Plastik

Rangkanya menggunakan bahan pipa seamless yang sengaja dipilih karena Adi menyukai rangka tipe tubular. Yang bikin WOW adalah bagian bodinya. Bodi motor ini dibuat dari bahan ramah lingkungan dengan metode 3D print dari hasil daur ulang botol plastik.

Motor listrik hasil costum Adi ini diberi nama ‘Greta’ yang terinspirasi dari seorang remaja aktivis lingkungan berkebangsaan Swedia yang bernama Greta Thunberg. Adi berharap motor ini mewakili semangat Greta untuk terus menyelamatkan bumi dari perubahan iklim berwujud kendaraan listrik.

1 Comment

Leave a Reply