Bangkrut, TVS Resmi Akuisisi Norton Motorcycle

RiderTua.com – Norton Motorcycle, merek motor bersejarah bagi industri otomotif di Inggris ini dikabarkan tengah mengalami kebangkrutan. Untuk menyelamatkannya TVS Motor resmi mengakuisisinya.

Baca juga : Norton Superbike V4 RR

Bangkrut, TVS Resmi Akuisisi Norton Motorcycle

Norton Motorcycle didirikan di Birmingham, Inggris pada 1902 silam. Mereka pernah memenangkan Isle of  Man TT, prestasi ini membuat Norton menjadi salah satu merek paling terkenal di Inggris.

Namun masa kejayaan Norton sebagai motor legendaris telah terlewati. Pada Januari 2020, Norton Motorscycle dilaporkan mengalami masalah finansial. Situasi ini membuat Norton harus menyerahkan perusahaannya ke Badan Akuntasi BDO (Binder Dijker Otte) di Inggris.

BDO pun memutuskan untuk menjual Norton. Norton juga diketahui telah menunggak pajak dan dituduh telah menyelewengkan dana pensiun. Pemilik Norton, Stuart Garner dan mitra terkait, tampaknya telah mendorong produsen untuk melakukan sejumlah investigasi.

Namun TVS Motor datang untuk menyelamatkan Norton dari kehancuran. Mereka membeli Norton dengan harga 16 juta poundsterling (Rp 309 miliar).

Dikutip dari VisorDown.com, direktur pelaksana TVS Motor Sudarshal Venu mengatakan jika pihaknya akan mengembalikan ketenaran Norton dari reputasi yang rusak. Pihak TVS juga berjanji masih akan bekerjasama dengan karyawan dan konsumen Norton. Namun hingga kini masih belum ada dikonfirmasi apakah TVS akan mempertahankan pabriknya yang berada di Inggris.

Venu berkata “Ini adalah saat yang penting bagi kita, Norton adalah merek ikonik Inggris yang terkenal di seluruh dunia. Mereka memberi kami peluang besar untuk berkembang secara global.”

“Kami akan memperluas dukungan penuh untuk Norton, agar mendapatkan kembali masa kejayaan dalam dunia otomotif internasional,” lanjutnya.

Keberhasilan TVS dalam mengakuisisi Norton, membuat jangkauan TVS untuk terjun di segmen motor premium akan semakin luas. Apalagi TVS juga telah melakukan perjanjian dengan BMW Motorrad yang melahirkan platform 310.

Be the first to comment

Leave a Reply