Setelah Corolla, Kini Toyota Etios ‘Pamit Undur Diri’ !

RiderTua.com – Mobil – Entah mengapa belakangan ini ada mobil yang dihentikan produksinya. Seperti Honda BR-V di India yang ‘disuntik mati’ karena penjualannya menurun. Lalu sedan Toyota Corolla menyusul dengan masalah serupa. Setelah Corolla, kini giliran Toyota Etios yang ‘pamit undur diri’.

Baca juga: Satu Lagi Mobil yang Mundur karena Penjualan Nge-Drop

Setelah Corolla, Kini Toyota Etios ‘Pamit Undur Diri’ !

Dilansir autonetmagz.com (08/04/2020), Toyota Kirloskar Motor (TKM) juga menghentikan produksi dan penjualan untuk semua model Etios. Perlu diketahui ada dua varian dari mobil ini, yaitu sedan dan Liva (Valco di Indonesia). Trim Cross X juga termasuk didalamnya.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya Etios ‘disuntik mati’. Jauh sebelumnya, Toyota Astra Motor (TAM) menghentikan penjualan Etios Valco di tahun 2018 silam. Tapi entah mengapa versi sedannya tak ikut disuntik mati.

Namun nyatanya versi sedannya juga ikut dihentikan produksinya, bebarengan dengan Etios Liva di India. Penyebabnya sama, yaitu penjualannya tak selaris model lainnya, serta takkan sesuai dengan standar emisi BS6. Meskipun di Negeri Bollywood cukup laris, Toyota sepertinya harus menggantinya dengan model lain.

toyota-etios-valco
toyota-etios-valco

Kini Etios sudah digantikan ‘tugasnya’ oleh model lain. Seperti Yaris sedan (Vios di Indonesia) untuk Etios Sedan, hingga Glanza (kembarannya Suzuki Baleno) untuk Etios Liva. Sementara di Indonesia, Valco ‘diteruskan’ oleh Agya bermesin 1.2 L.

Walau sudah tak ada lagi di Indonesia dan India, Etios sepertinya masih tersedia di Amerika Selatan, seperti Brazil dan Argentina. Tapi takkan menutup kemungkinan jika Etios disana akan berakhir dikemudian hari.

Be the first to comment

Leave a Reply