Siapa Bilang Isuzu Tak Punya Mobil Sport ? Ini Buktinya !

RiderTua.com – Mobil – Banyak orang tahu kalau Isuzu merupakan produsen kendaraan komersial. Tapi nyatanya pabrikan otomotif asal Jepang ini pernah membuat mobil sport. Tak percaya? Ini sekilas cerita tentang Isuzu Impulse. Siapa bilang Isuzu tak punya mobil sport ? Ini buktinya.

Baca juga: Isuzu Panther Bisa Saja Pakai Mesin Traga, Tapi…

Siapa Bilang Isuzu Tak Punya Mobil Sport ? Ini Buktinya !

Nama Impulse memang tak terkenal di Indonesia, karena mobil ini hanya dijual di Amerika Utara. Sport car coupe ini juga disebut sebagai Isuzu Piazza, atau dengan merek lain seperti Holden Piazza. Karena Impulse merupakan hasil kerja sama Isuzu dengan merek Lotus dan General Motors (GM), jadi tak heran kalau Holden ikut menjualnya.

Melansir otosia.com (06/04/2020), pengerjaan Impulse dimulai di tahun 1980-an. GM yang merancang desain Impulse, sementara Isuzu dan Lotus mengurusi mesinnya. Yang tak lain adalah mesin 1.600 cc turbocharged 4 silinder inline. Meskipun di tahun selanjutnya dipakaikan mesin 1.800 cc, tapi tanpa turbo.

Impulse RS merupakan model Impulse yang cukup terkenal pada masanya. Tak hanya tenar di AS, tetapi juga di Kanada, Australia, dan Benua Eropa. Meskipun dirakit di Jepang, nyatanya Impulse lebih laris di luar negeri.

Impulse/Piazza kemudian memasuki generasi kedua di tahun 1990-an, dan menambahkan varian RS. Kini mobil tersebut tampil lebih keren dari sebelumnya, dan desainernya menyempurnakan penampilan khas mobil Eropa-nya. Sehingga Impulse menjadi terkenal di awal tahun 90-an.

Sayangnya usia Impulse tak bertahan lama akibat masalah ekonomi yang terjadi saat itu. Sehingga Isuzu mulai meninggalkannya, sementara merek lainnya menggantinya dengan model lain. Meskipun berusia pendek, ini bisa menjadi bukti kalau Isuzu pernah punya mobil sport.

Be the first to comment

Leave a Reply