Kenapa Mitsubishi ‘Incar’ Saham Renault ?

RiderTua.com – Mobil – Entah mengapa Mitsubishi dikabarkan sedang mengincar saham Renault. Walau hanya sedikit, tapi mungkin terdengar aneh, karena merek mobil Prancis tersebut masuk dalam aliansi ‘tiga sekawan’. Jadi sebenarnya mau diapakan? Kenapa Mitsubishi ‘incar’ saham Renault.

Baca juga: Nissan Masih Bisa Andalkan Mitsubishi untuk Produksi Mobil

Kenapa Mitsubishi ‘Incar’ Saham Renault ?

Selama ini, aliansi Nissan-Mitsubishi-Renault diterpa oleh kabar tak baik. Apalagi berkaitan dengan masalah yang dihadapi Nissan, seperti menghentikan produksinya di Indonesia. Tapi kini keadaannya agak membaik, setidaknya untuk sekarang.

Melansir autonetmagz.com (27/03/2020), sebenarnya induk perusahaannya, Mitsubishi Corp, sudah memegang sahamnya sebesar 20 persen. Kini mereka mengincar saham Renault, meski jumlahnya hanya 10 persen. Tapi sepertinya akuisisi tersebut bisa memberi dampak positif.

Jika Mitsubishi memegang saham Renault, maka hubungan antar aliansi akan semakin baik dan semakin erat. Walau entah bagaimana dampaknya terhadap Nissan, meskipun Nissan sendiri sudah memegang saham Renault lebih dulu. Tapi ternyata ada rencana dibalik akuisisi saham tersebut.

Nissan N-Tec Series

Rencana tersebut dikatakan merupakan bagian dari rencana restrukturisasi yang dilakukan oleh Nissan. Selama ini merek tersebut terus melakukan re-strukturisasi untuk ‘menyelamatkannya’ dari berbagai masalah. Seperti penurunan penjualan yang diakibatkan oleh terganggunya pasar otomotif.

Rencana ini diharapkan bisa mencegah ketiganya untuk terpecah. Memang sayang jika aliansi tersebut berakhir terlalu cepat, karena terbukti menjadi aliansi otomotif terkuat kedua di dunia. Masalah yang terjadi sepertinya membuat performa aliansi ini menurun selama beberapa tahun terakhir.

Be the first to comment

Leave a Reply