Dibalik Kisah Duo LCGC Pertama Toyota-Daihatsu

RiderTua.com – Mobil – Hingga kini Agya dan Ayla masih menjadi andalan bagi Toyota-Daihatsu. Keduanya sudah hadir sejak era LCGC dimulai di Indonesia. Kini kedua mobil LCGC tersebut akan disegarkan sehingga tampil lebih sporty. Dibalik kisah duo LCGC pertama Toyota-Daihatsu.

(Foto: Mobil123.com)
Baca juga: Toyota-Daihatsu ‘Batal’ Luncurkan New Agya-Ayla ?

Dibalik Kisah Duo LCGC Pertama Toyota-Daihatsu

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Agya-Ayla sudah ada sejak awal era mobil murah LCGC di Indonesia. Keduanya bersaing dengan Suzuki Karimun Wagon R, Honda Brio, serta Datsun GO Panca. Saat itu Toyota-Daihatsu belum memiliki Calya-Sigra.

Melansir kompas.com (19/03/2020), keduanya dibangun dari platform dan mesin yang sama. Meskipun sebagai mobil kembar, Agya-Ayla memiliki perbedaan yang cukup kontras dari segi desain ‘wajahnya’. Tapi tetap saja, keduanya menjadi mobil yang cukup terkenal setelah Avanza-Xenia.

Keberadaan mobil LCGC pada awalnya disambut baik oleh konsumen Indonesia. Pelan tapi pasti Agya-Ayla mulai diterima dengan baik, dengan raihan penjualan yang cukup bagus. Sehingga keluarlah facelift di tahun 2017.

(kompas.com)

Penyegaran di tahun tersebut membuat penampilan Agya dan Ayla menjadi semakin sporty. Beberapa fitur seperti LED DRL, immobilizer, hingga audio 2 DIN layar sentuh disematkan pada keduanya. Tak hanya fitur baru, ada juga mesin baru 1.200 cc Dual VVT-i.

Kini Agya dan Ayla akan mendapatkan pembaruan, yang sepertinya difokuskan pada penyegaran penampilan. Ayla akan memiliki ‘wajah’ mirip model konsep Ayla Turbo, sedangkan Agya dari Raize. Pembaruan tersebut akan diluncurkan hari ini secara online, mengingat Toyota-Daihatsu membatalkan event publik akibat wabah virus corona.

Be the first to comment

Leave a Reply