Siapa yang Melakukan Simulasi Balapan Terbaik di Tes Qatar?

Valentino Rossi?.. Paling tidak dia masuk 10 besar (average speed: 1:55,565) lebih tepatnya di posisi 9, setara dengan kecepatan balap Aleix Espargaro..

RiderTua.com – Seberapa pentingkah simulasi balap bagi rider MotoGP di tingkat persaingan yang ketat saat ini?.. Ibarat saat kita seorang murid sekolah yang akan menghadapi ujian. Kita akan belajar malam sebelumnya, mencoba untuk mensimulasikan di kepala berulang kali apa yang akan keluar dalam ujian.. Ujian “tiruan” untuk mempersiapkan diri kita agar hasilnya bagus. Semuanya itu bisa dicapai dengan simulasi, kalau di balap disebut juga “balap tiruan” yang mendekati kondisi sebenarnya.. Namun siapa yang melakukan simulasi balapan terbaik di tes Qatar?

Siapa yang Melakukan Simulasi Balapan Terbaik di Tes Qatar?

Tes MotoGP Resmi baru-baru ini diadakan di Qatar kita akan melihat “3 besar” kecepatan pembalap yang menyelesaikan simulasi atau jarak balapan yang lengkap atau mendekati waktu balapan selama hari terakhir yang diadakan di Sirkuit Internasional Losail: Fabio Quartararo, Danilo Petrucci dan Franco Morbidelli.

Fabio Quartararo

Yang paling menonjol dari ketiganya adalah Quartararo. Dalam ‘long run’, Rookie of the Year 2019 ini menyelesaikan total 22 lap, jarak yang sama dari balapan Qatar yang akan diadakan pada 8 Maret. Catatan ‘El Diablo’: Terbaiknya di 1: 54.717, 3 kali catatan waktu di 1: 54.7xx, 4 kali 1: 54.8xx, 5 kali 1: 54.9xx, 4 kali di 1:55xx. Dan waktu ‘terburuknya’ adalah 1: 55.297.

Simulasi waktu Quartararo menunjukkan bahwa dia masih memiliki ruang untuk perbaikan. Namun, sensasi itu agak berbeda bagi rekan satu timnya, Franco Morbidelli. Pembalap Italia itu mengalahkan Quartararo dalam tabel waktu kualifikasi/ ‘time attack’. Morbidelli (1:53.891) menjadi satu-satunya pembalap dengan Maverick Vinales 1:53.858 yang mampu menyentuh 1:53.

Franco Morbidelli

Morbidelli, bagaimanapun, tidak begitu solid dalam simulasi. Dalam 20 lapnya, dia mencetak rekor terbaik di 1: 54.924, menjadi satu-satunya waktu di 1:54. Kecepatannya, bagaimanapun, tidak negatif, karena dia mengumpulkan total 10 lap dalam 1: 55.0 atau 1: 55.1 dan waktu terburuknya adalah di 1: 55.540.

Danilo Petrucci

Petrucci, di sisi lain, tidak berada jauh di belakang. Dalam simulasi balapan 22 lap dia terbukti dalam kondisi yang sangat baik dalam menghadapi seri pertama musim ini, meskipun kesulitan yang diderita oleh sebagian besar pembalap Ducati ketika menangani sesi kualifikasi/ ‘time attack’ mereka. Danilo catatan lap terbaiknya di 1: 54.752. Waktu putaran itu adalah satu dari tiga yang sia selesaikan di 1:54. Dari semua simulasi yang dilakukan Petrucci dia lebih baik dari rekan satu timnya, Andrea Dovizioso..

Dari semua pembalap yang berpotensi podium adalah ketiga pembalap tadi. Namun ada yang menyembunyikan ‘kartunya’ yaitu Maverick Vinales. Dia berada dalam posisi untuk memperjuangkan sesuatu yang lebih dari posisi ke-4..

Valentino Rossi?.. Paling tidak dia masuk 10 besar (average speed: 1:55,565) lebih tepatnya di posisi 9, setara dengan kecepatan balap Aleix Espargaro.. Sementara di urutan ke-5 hingga ke-8 adalah: Mir, Dovi, Rins, Miller..

Referensi: motogp.com(24/02/20)

Trending Artikel Minggu Ini ( TOP 7):

  1. Kawasaki Tantang Dorna: Ninja Superbike Diadu dengan Motor Prototipe MotoGP di Sirkuit!
  2. Livery atau Corak Warna Motor MotoGP Terbaik dan Terburuk 2020
  3. Daftar Top Speed MotoGP Qatar Day-1: Ducati Menggila, Suzuki Waspada!
  4. Lorenzo Lontarkan Kata-kata Pedas, Balas Tudingan Zarco!
  5. Setelah Tes Motor Baru, Espargaro Masuk ke Pit dengan Berlinang Air Mata
  6. Stok ‘Pembalap Juara’ Habis, Ducati Balik Kanan Bubar Jalan, Poles Pembalapnya Sendiri!
  7. Hasil Tes Qatar 2020 Day-1: Duo Suzuki Tercepat!

Be the first to comment

Leave a Reply