Suzuki XL7, Penerus Pionir SUV 7-Seater di Indonesia

RiderTua.com – Mobil – Sebentar lagi Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan meluncurkan XL7. Mobil SUV ini diketahui adalah penerus dari Grand Escudo XL-7, model yang pernah dijual di Indonesia dulunya. Lalu bagaimana sejarah dari SUV 7-seater ini? Suzuki XL7, penerus pionir SUV 7-seater di Indonesia.

Baca juga: Ternyata Ada SUV Baru dari Suzuki Setelah XL7 !

Suzuki XL7, Penerus Pionir SUV 7-Seater di Indonesia

Mungkin masyarakat Indonesia sudah tak asing lagi dengan Grand Escudo XL-7. Melansir kompas.com (15/02/2020), XL7 ternyata memiliki arti ‘Xtra Large 7-Seater’. Ini senada dengan kemampuan keduanya yang muat hingga 7 penumpang.

Mengenai Grand Escudo sendiri, mobil ini pertama kali dikenalkan di Tanah Air pada sekitar tahun 1999 hingga 2006. Walau di luar negeri sempat ada model generasi keduanya, namun entah mengapa SIS saat itu tak ingin membawanya. Model G2-nya sendiri sudah tak lagi diproduksi sejak tahun 2009 silam.

Grand Escudo XL-7 model pertamanya menggunakan mesin 2.5 liter H25A V6, dengan transmisi manual 5 percepatan serta otomatis 4 percepatan. Walau terlihat lawas, model ini sudah dilengkapi dengan ABS dan dual airbag.

Mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa SIS menggunakan kembali nama XL7 untuk model terbarunya. Di India, mobil ini dinamai XL6 karena memiliki 6-seater, sementara XL7 memiliki 7-seater. Meskipun desainnya tak lagi seperti model aslinya, apalagi dengan mesinnya.

Terlepas dari hal itu, cukup menarik untuk menanti kehadiran dari XL7 sesaat lagi. Mobil ‘Ertiga Cross’ ini siap menantang Rush-Terios hingga Xpander Cross di segmen low SUV.

Be the first to comment

Leave a Reply