Toyota dan Panasonic Jalin Kerja Sama Garap Baterai Mobil

RiderTua.com – Mobil – Baterai seolah menjadi tantangan tersendiri dalam perkembangan kendaraan ramah lingkungan. Harganya yang sangat mahal menjadi penyebab kenapa harga mobil listrik ikut mahal. Sehingga Toyota bekerja sama dengan Panasonic untuk mengembangkan baterai listrik. Toyota dan Panasonic jalin kerja sama garap baterai mobil.

Mobil BBM Bakal 'Punah' di Tahun 2050

Baca juga: Mobil Dibawah Rp 100 Juta Takkan Ada Lagi ?

Toyota dan Panasonic Jalin Kerja Sama Garap Baterai Mobil

Melansir detik.com (03/02/2020), kerja sama tersebut berupa pabrik patungan bernama Prime Planet Energy and Solutions. Kerja operasionalnya baru dimulai pada awal April, dengan menyerap 5 ribu pekerja. Sepertinya pabrik ini bisa membuka lapangan kerja baru.

Rencananya mereka akan membuat baterai mobil listrik berbentuk prisma dan kubus. Mungkin terdengar aneh, tapi disinilah inovasi baru akan muncul. Ke depannya bisa dijual kepada produsen mobil lainnya di seluruh dunia.

Toyota memegang saham 51 persen dari pabrik tersebut dan sisanya Panasonic. Mereka akan mengembangkan bisnis baru ini agar bisa tumbuh lebih besar. Bahkan bisa menguasai penjualan baterai mobil listrik secara global.

(Foto: Tribunnews.com)

Baterai mobil menjadi masalah utama dalam perkembangan era kendaraan listrik global, terutama di Indonesia. Jika bisnis ini berkembang pesat, maka bisa saja diterima di banyak negara. Karena jika komponen tersebut dirakit lokal, maka bisa menekan harga mobil listrik.

Panasonic sendiri telah menjadi pemasok baterai bagi produsen mobil listrik ternama, Tesla. Jadi tak sulit bagi pabrikan elektronik ini untuk mengembangkan bisnis baterai mobil listrik dengan Toyota. Apalagi Toyota memiliki jaringan operasional yang tersebar di seluruh dunia.

Be the first to comment

Leave a Reply