Toyota Kembali Umumkan Recall Gara-gara Airbag !

RiderTua.com – Mobil – Belum selesai dengan masalah airbag, Toyota kembali dihantui oleh masalah tersebut. Pabrikan mobil ini mendapat laporan kecelakaan fatal akibat airbag yang melibatkan produknya. Akibatnya, lagi-lagi Toyota harus berurusan dengan recall besar-besaran. Toyota kembali umumkan recall gara-gara airbag.

Baca juga: Waduh, Toyota-Lexus Recall Hampir 700 Ribu Unit Mobil !

Toyota Kembali Umumkan Recall Gara-gara Airbag !

Melansir detik.com (22/01/2020), dari laporan tersebut, ternyata saat terjadi kecelakaan, airbag tidak dapat mengembang. Ditemukan adanya masalah pada kontrol elektrik yang menyebabkan sistem perlindungannya tidak merespons dengan baik. Sehingga airbag tak mengembang saat mendeteksi tabrakan.

Selain itu, bagian pretensioner pada sabuk pengaman tak dapat menahan gaya dorong pada penumpang. Akibatnya penumpang bisa mengalami cedera atau bahkan resiko fatal lainnya. Jauh sebelumnya, ada dua kecelakaan yang melibatkan Toyota Corolla karena masalah tersebut.

Untuk menghindari kecelakaan lebih banyak lagi, Toyota mulai bergerak cepat. Mereka mengumumkan recall sebanyak 3,4 juta mobil di Amerika Serikat. Model yang kena penarikan mulai dari Matrix tahun produksi 2011-2013, Avalon 2012-2018, Avalon Hybrid 2013-2018, dan Corolla 2011-2019.

Airbag tersebut bukanlah buatan Takata, melainkan TRW Automotive Holding Corp. Namun airbag ini pernah bermasalah di tahun 2016. Fiat Chrysler mencatat 3 korban jiwa dan 5 cedera karena masalah ini.

Ternyata airbag TRW juga digunakan oleh Kia dan Hyundai. Sehingga berpotensi menyebabkan recall besar-besaran jika ditemukan masalah serupa pada mobil lainnya. Entah apakah recall tersebut bisa menyebar ke negara lain termasuk Indonesia. Mengingat Corolla (Altis) tahun 2019 sudah dijual disini.

Be the first to comment

Leave a Reply