Inilah Penyebab Turunnya Penjualan Mobil di Indonesia

booth hyundai di iims 2018
(Foto: CNN Indonesia)

RiderTua.com – Mobil – Tahun 2019 menjadi tahun yang tersulit bagi dunia otomotif Indonesia. Bagaimana tidak, hasil total penjualan mobil tahun lalu menurun 10,8 persen. Ternyata inilah penyebab dari penurunan tersebut. Inilah penyebab turunnya penjualan mobil di Indonesia.

Honda-IIMS-2018
(Foto: Carvaganza.com) Honda-IIMS-2018
Baca juga: Kenapa Penjualan Mobil di Australia Menurun ?

Inilah Penyebab Turunnya Penjualan Mobil di Indonesia

Dilansir dari detik.com (19/01/2020), penjualan mobil tahun 2019 mencapai 1.026.921 unit. Walau bisa melampaui sejuta unit, tapi angka ini menurun dari tahun 2018 yang mencapai 1.151.413 unit. Apa yang sebenarnya terjadi?

Gaikindo mengungkapkan penyebab dari penurunan penjualan mobil tersebut. Salah satu faktornya yaitu mengenai penyelenggaraan Pemilu 2019. Pada saat itu, konsumen melakukan ‘wait and see’, artinya mereka sepertinya tahu soal keadaan pemilu yang masih berlangsung.

Kemudian faktor lainnya disebabkan oleh kondisi perekonomian dunia. Sepanjang tahun 2019, dunia ekonomi diwarnai oleh perang dagang antara Amerika Serikat dengan China. Harga komoditas yang menurun serta adanya Lebaran juga menjadi penyebab lainnya.

(Foto: Carvaganza.com)

Penurunan penjualan pertama kali terdeteksi di semester pertama 2019. Namun di semester kedua tepatnya di bulan Agustus sudah menunjukkan kenaikan setelah berlangsungnya pameran GIIAS 2019. Keadaan ini bertahan hingga bulan Desember.

Gaikindo berharap di tahun ini penjualan mobil bisa moncer lagi. Tentu akan ada banyak mobil serta merek terbaru yang akan meramaikan industri otomotif Tanah Air.

Be the first to comment

Leave a Reply