Rahasia Honda BeAT 2020 Lebih Lincah dan Lebih Irit BBM

Ridertua.com – All New Honda BeAT resmi diluncurkan. Pembaruan yang paling menonjol adalah pada sektor mesin dan rangka. Kombinasi keduanya membuat motor terlaris di dunia ini lebih lincah serta lebih irit BBM.

Baca juga : Honda BeAT Disegarkan, Kini Makin Fresh !

Rahasia Honda BeAT 2020 Lebih Lincah dan Lebih Irit BBM

Mengenai hal ini, Large Project Leader Honda Motorcycle Operations Monozukuri Center Makoto Dohi menjelaskan bahwa Honda BeAT 2020 ini memang menggunakan rangka yang sama dengan Honda Genio. 

Rangka eSAF

Rangka baru yang mengadopsi teknologi eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) diaplikasikan pada Honda BeAT 2020. Rangka baru ini kini lebih lincah dan dapat meningkatkan stabilitas handling sehingga sepeda motor mudah dikendalikan dan nyaman saat dipakai bermanuver.

Penggunaan rangka eSAF pada Honda BeAT dan Genio ini juga mampu memberikan pemanfaatan ruang yang lebih maksimal. Bagasi penyimpanan barang kini lebih luas dengan kapasitas 12 liter dan kapasitas tangki bahan bakar lebih banyak menjadi 4,2 liter.

Mesin

Honda BeAT generasi anyar ini menggunakan mesin baru karakter overstroke dengan tenaga dan kompresi lebih tinggi dibanding mesin eSP 110 cc sebelumnya. Mesin baru ini berukuran diameter dan langkah 47 x 63,1 mm. Dengan bekal tersebut, mesin mampu menghasilkan tenaga 6.6 kW @ 7.500 rpm dengan torsi tertinggi di 9.3 Nm @ 5.500 rpm.

Makoto Dohi menjelaskan lebih lanjut

“Untuk platform frame sama dengan Genio, kalau lay out engine juga sama dengan Genio. Untuk Beat memiliki settingan khusus dan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen dan mesin yang disematkan.”

“Perbedaan besarnya ada di setting air cleaner, setting muffler dan juga fuel injection sistemnya juga berbeda. Untuk suspensi juga menggunakan settingan khusus untuk model Beat. Kami kembangkan model ini dengan settingan khusus dan layout khusus agar konsumen Beat lebih menyukai model ini.”

Hasilnya dalam tes internal dengan metoda ECE R40, konsumsi bahan bakar Honda Genio tembus 59,1 km/liter (fitur ISS on). Sedangkan Honda BeAT hasil konsumsi bahan bakar mampu hingga 60,6 km/liter (fitur ISS on) sehingga mampu menempuh jarak 254,52 km dalam sekali pengisian bahan bakar.

Be the first to comment

Leave a Reply