MotoGP 2020: Senjata Rahasia Baru Ducati, Swingarm dengan Proses Selective Laser Melting

Ducati sekarang mengembangkan swingarm baru menggunakan proses SLM (Selective Laser Melting) dengan pencetakan 3D.

RiderTua.com – Di MotoGP tiga tahun berturut-turut Ducati telah menjadi lawan pilih tanding Honda dalam memperebutkan gelar dunia. Untuk tahun 2020, tim pabrikan yang bermarkas di Borgo Panigale itu bekerja keras untuk memastikan pembalap dipersenjatai motor yang lebih kompetitif daripada yang sebelumnya. MotoGP 2020: Senjata rahasia baru Ducati, swingarm dengan proses Selective Laser Melting…

MotoGP 2020: Senjata Rahasia Baru Ducati, Swingarm dengan Proses Selective Laser Melting

Selama musim dingin ini, tampaknya tim Italia itu juga mengerjakan swingarm 3D baru, yang diracik bekerja sama dengan University of Bologna. Menurut beberapa sumber, Ducati sekarang mengembangkan swingarm baru menggunakan proses SLM (Selective Laser Melting) dengan pencetakan 3D.

SLM (Selective Laser Melting) swingarm

Dengan teknologi baru ini memungkinkan tim merah untuk membuat bentuk yang lebih kompleks, dibandingkan dengan swingarm yang dibuat dengan pemrosesan aluminium yang sederhana. Proses ini juga mengeksploitasi kecerdasan buatan. Swingarm akan dicetak selama 180 jam melalui sinar laser. Dengan jumlah lapisan lebih dari 9800, swingarm ini akan memiliki berat total 3,5 kg dan akan sepenuhnya memenuhi parameter yang diperlukan.

contoh Swingarm by 3D laser printing

Teknologi ini bisa menjadi senjata ekstra untuk Ducati, yang diharapkan memulihkan 0,1 detik yang hilang selama balapan. University of Bologna sedang mengerjakan proyek ini, bekerjasama dengan Ducati. Pengujian di lintasan pertama dijadwalkan pada tes Sepang, Malaysia, dari tanggal 7 hingga 9 Februari.

PROTIQ

Apakah ini akan menjadi senjata kemenangan tim merah?.. General Manager Ducati Corse Gigi Dall’Igna berbicara tentang revolusi pada GP Desmosedici, untuk menghadirkan dua pembalap paling kompetitif, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci dengan sebuah motor yang kompetitif di tahun 2020, dan aspek ini tampaknya menjadi bagian dari janji ini.

Trending Artikel Minggu Ini ( TOP6):

  1. Valentino Rossi Pindah Tim Satelit Yamaha, Jadi Bahan Tertawaan atau Langkah Cerdik?
  2. Marc Marquez: MotoGP 500cc Motor Balap Tanpa Elektronik, Honda NSR500 Motornya Pria Sejati!
  3. Nakamoto pada Rea: Boleh Ngebut Tapi Jangan Sampai Jatuh, Gimana Mau Kencang?
  4. Holeshot Khusus Yamaha M1 2020, Bikin Motor Yamaha Melejit Saat Start!
  5. Rebutan Nomor Pembalap MotoGP, Ada Rahasia Apa di Balik Angka Itu?
  6. Dani Pedrosa Seperti Insinyur Mesin, KTM Tidak Merencanakan untuk Ikut Balapan

1 Comment

Leave a Reply