Toyota Kena Denda dari China Gara-gara Lexus ?

RiderTua.com – Mobil – Produsen mobil pasti memiliki cara agar produknya bisa laku di pasaran. Salah satunya yaitu memberi diskon, bahkan ada yang tak memberikannya sama sekali. Seperti yang terjadi pada Toyota, yang didenda oleh China gara-gara harga Lexus. Toyota kena denda dari China gara-gara Lexus.

Baca juga: Waduh, Toyota Prius ‘Dikalahkan’ oleh Saudaranya Sendiri !

Toyota Kena Denda dari China Gara-gara Lexus ?

Melansir autonetmagz.com (06/01/2020), salah satu APM (Agen Pemegang Merek) Lexus di China mendapat perintah untuk membatasi diskon. Tentu kasus ini disebut sebagai pelanggaran anti-monopoli. Ternyata semua ini berawal dari perintah dari Toyota China.

Pihak pusat sudah memberikan batasan diskon dibawah 6 persen dari harga jual Lexus. Hal ini diterapkan di salah satu dealer merek mobil mewah tersebut di daerah Jiangsu. Selain itu, model yang dijual secara online bahkan dilarang mendapat diskon.

Pemerintah setempat juga menemukan bahwa ternyata kasus ini sudah berlangsung sejak tahun 2015. Akibatnya Toyota harus menerima denda sebesar 87,61 juta yuan atau sekitar Rp 175,4 miliar. Angka ini merupakan dua persen dari total pendapatan fiskal Toyota disana.

Memang Lexus turut menyumbang penjualan Toyota di Negeri Tirai Bambu, bahkan dianggap penting. Lexus juga menyumbang 7,5 persen dari total penjualan Toyota selama Januari-November 2019. Sepertinya makin banyak orang yang tertarik untuk membeli Lexus.

Praktek seperti ini mungkin jarang ditemukan di Indonesia. Mengingat diskon sudah seperti tradisi turun-menurun di dunia otomotif nasional. Bahkan tak jarang ada yang memberikan diskon cukup besar untuk beberapa produk terlarisnya.

Be the first to comment

Leave a Reply