Fiat dan Peugeot Group Resmi Bergabung !

RiderTua.com – Mobil – Setelah melewati serangkaian proses yang rumit, akhirnya Fiat Chrysler Automobiles (FCA) dan Groupe Peugeot SA (PSA) resmi melakukan merger. Penggabungan ini merupakan kesepakatan merger ‘fifty-fifty’ alias separuh dikelola PSA dan separuhnya lagi FCA. Perusahaan mobil ini siap menjual lebih banyak mobil di tahun depan. Fiat dan Peugeot Group Resmi Bergabung.

Baca juga: Tahun Depan, Peugeot Ikut GIIAS Lagi

Fiat dan Peugeot Group Resmi Bergabung !

Nilai transaksi merger ini berjumlah 50 miliar dolar. Tentu angka yang tidak sedikit untuk melakukan penggabungan dengan perusahaan gabungan Fiat dan Chrysler ini. Tapi sepertinya merger ini harus dilakukan setelah sempat ditolak oleh Renault.

Jauh sebelum PSA menawarkan merger, FCA pernah ingin melakukannya dengan Renault. Namun pemerintah Prancis yang memegang merek mobil tersebut ‘tak memberi restu’ sehingga batal dilakukan. PSA kemudian melihat kesempatan ini untuk menawarkan merger dan sudah disepakati.

Target pendapatan per tahun yang akan diraih oleh FCA-PSA yaitu sebesar 190 miliar dolar AS, dengan laba operasi 12,2 miliar dolar AS. Sementara target penjualan per tahunnya yaitu mencapai 8,7 juta unit.

PSA memperkirakan akan ada 3 juta unit mobil kecil dan menengah yang akan dibuat per tahunnya. Entah apakah akan ada produk hasil dari merger tersebut. Mengingat sudah cukup banyak mobil hasil merger atau aliansi dari beberapa merek yang dijual.

Sepertinya cukup menarik untuk menanti terobosan terbaru dari FCA dan Groupe PSA. Keduanya siap bersaing dengan aliansi dan grup produsen mobil lainnya, seperti aliansi Nissan-Mitsubishi-Renault, Toyota Group, dan Volkswagen Group.

Be the first to comment

Leave a Reply