Categories: Otomotif

Cara Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil

RiderTua.com – Berikut ini sedikit tips cara menghilangkan goresan pada bodi mobil… Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada kendaraan kita dalam perjalanan, benturan atau gesekan misalnya, sangat mungkin terjadi mengingat banyaknya pengguna jalan yang lalu lalang.

Terkadang kita juga tidak menyadari terjadinya benturan atau gesekan pada bodi mobil karena kita terlalu fokus dalam mengemudi, biasanya kita baru menyadari adanya benturan atau gesekan pada body mobil setelah melihat goresan yang muncul pada bodi mobil. Melihat adanya goresan pada mobil, tentu membuat kita merasa jengkel.

Cara Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita terapkan untuk menghilangkan goresan pada bodi mobil, namun trik ini hanya bisa membantu jika goresan pada bodi tergolong ringan.

1. Tes dengan kain lap atau kanebo

Perlu diketahui bahwa terkadang goresan pada bodi mobil yang kita anggap sebagai kerusakan nyatanya hanya debu yang menempel dan membentuk sebuah garis, terutama jika debu yang menempel tersebut telah mengering.
Untuk mengetahui apakah yang kita lihat benar-benar goresan atau hanya debu yang menempel, kita bisa menggosok bodi mobil terlebih dahulu dengan menggunakan kain lap atau kanebo.

2. Gunakan Scratch Remover

Jika benar-benar ada goresan bersifat ringan pada bodi mobil, kita bisa mengatasinya dengan menggunakan scratch remover.
Scratch remover adalah cairan sejenis povinal yang banyak dijual di bengkel-bengkel otomotif, cara pengaplikasiannya tidak jauh beda dengan povinal.
Kita cukup mengoleskan cairan ini pada bagian yang tergores, kita bisa mengulangi cara ini secara berkala sekitar tiga sampai empat kali hingga goresan benar-benar hilang.

3. Gunakan Kompon

Kompon adalah semacam krim yang berfungsi untuk mengikis cat. Jika goresan bodi mobil hanya mengalami goresan ringan, kita bisa mengunakan kompon untuk menyamarkan goresan tersebut.
Setelah cat terkikis, kita bisa melihat warna di bagian yang terkikis tersebut tak lagi mengkilap. Setelah kita menyamarkan goresan tersebut dengan kompon, kita bisa menggunakan wax agar bagian tersebut kembali mengkilap seperti semula.

4. Gunakan Lotion Nyamuk

Sebenarnya cara ini punya tingkat keberhasilan yang sangat kecil, jadi cara ini hanya akan kita gunakan dalam keadaan darurat. Bisa dibilang, penggunaan lotion nyamuk ini adalah untuk menggantikan kompon.
Lotion nyamuk memang memiliki efek yang keras terhadap cat, namun keberhasilannya masih tidak terjamin. Untuk mengaplikasikannya, cukup dengan mengoleskan lotion anti nyamuk ke bagian yang tergores secara berkala hingga goresan menjadi samar.
Akan tetapi, perlu diingat bahwa cara ini sangat tidak dianjurkan karena ada kemungkinan kalau cat akan memudar secara berlebihan dan memperburuk kondisi mobil.

Cara-cara di atas dapat kita aplikasikan dengan mudah dan cepat, jadi kita tidak perlu buru-buru membawa mobil kita ke bengkel.
Namun, kita harus tetap berhati-hati karena jika teledor sedikit saja, kondisi mobil akan jadi lebih buruk dari sebelumnya. Karena itu, ketelitian dalam menerapkan metode-metode tersebut sangatlah diperlukan.

Referensi:
https://www.gardaoto.com/blog/berikut-4-cara-mudah-menghilangkan-goresan-pada-mobil

This post was last modified on 11 April 2023 17:26

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Neta V-II Dijual Lebih Murah Dari Neta V Karena Ini

RiderTua.com - Neta sebelumnya merilis Neta V di Indonesia sejak tahun lalu, dan sukses terjual hingga ratusan unit. Kini mereka…

5 Mei 2024

Wuling Berbicara Soal MPV Listrik di Indonesia

RiderTua.com - Wuling baru memiliki tiga mobil listrik yang dijualnya di Indonesia, terdiri dari Air EV, Binguo EV, dan Cloud…

5 Mei 2024

Wuling Cloud EV Tanpa Sunroof Seperti Alvez

RiderTua.com - Wuling Cloud EV menjadi pelengkap mobil listriknya di Indonesia setelah merilis Air EV dan Binguo. Model ini memiliki…

5 Mei 2024

Seres E1 yang Terjual Ratusan Unit, Tapi Jarang Terlihat di Jalan

RiderTua.com - Seres E1 menjadi salah satu mobil listrik yang dijual di Indonesia ketika pasarnya pertama kali dimulai disini. Meski…

5 Mei 2024

Aleix Espargaro Kesal : Zarco Harus Lebih Respect

RiderTua.com - Aleix Espargaro sangat tidak senang bersenggolan dengan Johann Zarco di GP Spanyol. Pertarungan mereka di Jerez berakhir ketika rider…

5 Mei 2024

Antrian Pesanan Toyota Vellfire Kini Mencapai Enam Bulan!

RiderTua.com - Toyota Alphard dan Vellfire di Indonesia kini mendapatkan model generasi terbarunya setelah sekian lama. Kedua mobil MPV mewah…

5 Mei 2024