Dengan Alat Bantu Elektronik Pembalap Pemula Sekarang Lebih Mudah

RiderTua.com – MotoGP era modern kini semakin canggih dan aman bagi pembalap. Hal ini diyakini oleh mantan pembalap MotoGP Marco Melandri. Dan menurut pembalap Italia itu dengan alat bantu elektronik pembalap pemula sekarang lebih mudah

Dengan Alat Bantu Elektronik Pembalap Pemula Sekarang Lebih Mudah

Antara 2003 dan 2010 Marco Melandri membalap di kelas MotoGP. Pembalap sala Ravenna itu meraih lima kemenangan dan menjadi runner-up pada tahun 2005. Melandri pernah mengendarai motor Yamaha, Honda, Ducati dan Kawasaki (Hayate). Dia mengakhiri karier balapnya pada Oktober 2019.

Pembalap berusia 37 tahun itu menjawab pertanyaan tentang perbedaan motor MotoGP pada awal era empat-stroke dengan yang sekarang. Salah satu pengalaman jatuh yang paling keras dia alami. Melandri menjelaskan saat itu semua pembalap tanpa alat bantu elektronik. Pembalap bisa terlempar dari motornya dengan keras.

Pengalaman Pribadi

Jika dibandingkan dengan pembalap pemula saat ini MotoGP di era-nya dulu lebih sulit. Melandri mengalami musim debut yang menyakitkan pada tahun 2003. Pada balapan pertama musim itu, saat membela Yamaha sempat alami patah kaki dan absen dari beberapa balapan.

Kontrol Traksi, Motor Lebih Aman

Sekarang berkat kontrol traksi yang berfungsi lebih baik, hampir tidak ada orang terlempar dari motornya lagi. Lebih mudah bagi pembalap pemula untuk mengendalikan motor dengan power hampir 300 tenaga kuda. “Ketika seorang pembalap pemula naik ke MotoGP saat ini, mereka bisa menetapkan waktu lap yang baik dengan cepat. Pembalap langsung berada di kondisi 90 persen dengan segera. Hal ini lebih mudah karena pembalap merasa jauh lebih aman. Memungkinkan pembalap untuk memacu motor lebih cepat,” kata Melandri.

Lebih Setara

Selama bertahun-tahun, motor-motor MotoGP semakin setara, perbedaan antar motor jauh lebih kecil saat ini. Dengan ban baru, setiap pembalap bisa sangat cepat (single lap). Tentu saja berbeda saat balapan karena butuh pengalaman dan skill (mengelola ban, dll), kata Melandri.

Trending Artikel Minggu Ini ( Top6):

  1. Hasil Sepang 8H Trial: Franco Morbidelli Raih Posisi Pole
  2. Siapa Pembalap MotoGP Paling Ramah di Trek? Mungkin Jawabnya Tidak Ada!
  3. Tahukah Kamu, Marc Marquez Juga Seorang Mekanik yang Luar Biasa!
  4. Esteban Garcia Berang, Bukan Quartararo Referensi Pembalap di Yamaha, Tapi Vinales!
  5. Sempat Menolak, Quartararo Akhirnya Pelajari Data Telemetri Lorenzo di Yamaha
  6. Apakah Rossi Akan Menjadi Manajer Tim Vinales dan Quartararo,Gantikan Meregalli di Yamaha?

Be the first to comment

Leave a Reply