Categories: MotoGP

Kenapa Rossi Lebih Cepat Habis Ban Belakangnya Dibanding Rider Yamaha Lainnya? Gaya Balap?

RiderTua.com – Kemampuan Valentino Rossi untuk mengubah gaya balap sehubungan dengan teknologi MotoGP yang terus berubah, berlanjut. Kenapa Rossi lebih cepat habis ban belakangnya dibanding rider Yamaha lainnya?. Semua berawal dari perkembangan ban, elektronik dan teknologi. Kemampuan bermetamorfosa ini telah membuatnya tetap mampu bersaing di 10 besar bahkan di 400 penampilan balapnya. Kenapa Rossi Lebih Cepat Habis Ban Belakangnya Dibanding Rider Yamaha Lainnya? Gaya Balap?

Kenapa Rossi Lebih Cepat Habis Ban Belakangnya Dibanding Rider Yamaha Lainnya? Gaya Balap?

Di seri Malaysia Rossi terus mencari jawaban, mencari ide-ide baru setelah bermasalah dengan masa pakai ban belakang untuk sebagian besar musim ini. Sementara diantara pembalap Yamaha motornya yang paling boros ban belakang.. Dan kini sedikit mulai menemukan jawabannya..

Ubah Gaya Balap

Rossi seperti bereksperimen dengan berbagai gaya balap dan di sesi latihan dia mencoba untuk mengurangi tekanan ban belakang lebih sedikit. “Sepertinya gaya balap para pembalap top telah sedikit dimodifikasi. Ini karena motor baru, elektronik baru dan ban berbeda yang perlu dikendarai dengan cara lain untuk menemukan batasnya,” kata Rossi di Sepang, Jumat.

Tapi yang pasti Rossi mengatakan dia harus berusaha untuk melaju cepat tanpa terlalu memberi ‘tekanan lebih’ pada ban belakang. Ini juga menjadi target yang lebih besar untuk semua orang.

“Terlalu banyak pengereman, mencoba mengerem dengan cara lain. Sepertinya pada periode terakhir banyak pembalap bekerja dari sudut pandang ini. Saya sudah mencoba rem depan yang berbeda ( Thumb brake). Hari ini sepertinya Marquez mencoba rem belakang model ‘skuter’ di stang.

Beda dengan Pembalap Yamaha lain

Melihat komentar Rossi diatas seorang wartawan menanyakan: Dalam hal itu, apakah Rossi berpikir dia lebih menekan ban belakang lebih banyak, dibandingkan pembalap Yamaha lainnya saat pengereman atau akselerasi?

“Pertanyaan yang bagus. Secara umum, menurut timnya tekanan pada ban dibutuhkan saat akselerasi dan lebih sedikit tekanan pada ban saat masuk tikungan. Namun tetap dalam akselerasi saat ini pembalap harus halus, gaya balap ini jika dibandingkan dengan 2-3 tahun yang lalu sangat berbeda sekarang.”

Namun tim tidak melihat dalam data mengapa Rossi menekan ban belakang lebih dibandingkan dengan pembalap Yamaha yang lain. Jadi mereka perlu menemukan cara, juga dengan beberapa pekerjaan yang berbeda pada motor.

Rossi menetapkan waktu lap tercepat ketiga pada Jumat sore di Malaysia dan mengklaim tempat kelima waktu kombinasi ( FP1+FP2).. Rossi sudah cepat sejak awal sesi FP1 dan optimis tentang kecepatan saat race, meskipun masih khawatir setelah semua kesulitan – kesulitan musim ini.

Namun Rossi sekarang harus menemukan cara untuk lebih meningkat lagi, terutama dengan ban belakang. tim dan Rossi selalu sangat khawatir tentang degradasi ban belakang karena The Doctor selalu terlalu menderita … Rossi cepat hanya pada hari Jumat, juga di trek lain dia kuat pada hari Jumat, sehingga Rossi belum bisa mengatakan kecepatannya sudah membaik saat ini saat balapan.. Kita lihat saja hari Minggu.

Trending Artikel Minggu Ini (TOP5):

  1. Dovi: Jarak Poin Marquez Konyol dan Tidak Masuk Akal ! Karena Motor atau Pembalapnya?
  2. Jarvis: Maverick Vinales atau Valentino Rossi yang Hengkang dari Yamaha?
  3. Pemakaian Mesin Tim MotoGP Setelah GP Australia, Aprilia Bahaya!
  4. Hasil FP1 MotoGP Malaysia: 3 Motor Yamaha Semakin di Depan !
  5. Honda Vario Repsol Jadi Penyelamat RC213V Marc Marquez di GP Malaysia !

This post was last modified on 2 November 2019 05:36

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Marco Bezzecchi : Kami Belum Mencetak Satu Poin Pun di Sprint Race

RiderTua.com - Dari 3 sprint pertama musim 2024, duo rider VR46 Marco Bezzecchi dan Fabio di Giannantonio belum mencetak satu…

25 April 2024

Mengenai Citroen e-C3 yang Mendapat Nol Bintang Dari Global NCAP

RiderTua.com -Citroen memang sudah dikenal dengan line-up mobilnya yang berkualitas, tapi dengan harga yang cukup terjangkau. Bahkan ini juga berlaku…

25 April 2024

Jadwal MotoGP Jerez 2024

RiderTua.com - Jadwal MotoGP Jerez 2024.. Usai melakukan lawatan ke Amerika Serikat, balapan MotoGP kembali ke tanah Eropa. 'Gran Premio…

25 April 2024

Bermesin 2 Silinder Harganya Rp 60 Jutaan, Suzuki Rilis GSX-250R Model Baru

RiderTua.com - Suzuki GSX-250R, motor sport touring yang hanya dijual di 2 negara saja yakni Jepang dan China untuk saat…

24 April 2024

Daihatsu Lanjutkan Produksi Rocky-Raize di Jepang

RiderTua.com - Sebelumnya Daihatsu diketahui melakukan manipulasi tes tabrak terhadap sejumlah mobilnya yang dijual di Jepang. Akibatnya beberapa model seperti…

24 April 2024

Citroen Menjual C3 Aircross Dengan Harga Terjangkau Karena Ini

RiderTua.com - Citroen telah meluncurkan mobil terbaru lainnya di Indonesia, yaitu C3 Aircross. Model SUV ini menjadi model ketiga dalam varian…

24 April 2024