Dugaan Kasus Kartel, Hampir Semua Produsen Mobil Jerman Diperiksa

0
bmw booth iims 2018
(Foto: Autos.id)
bmw booth iims 2018
(Foto: Autos.id)

RiderTua.com – Mobil, Produsen mobil tak luput dari kasus yang dapat menjerat, entah itu terkait keuangan perusahaan ataupun bisnis. Seperti yang menimpa beberapa produsen mobil asal Jerman, yang diduga melakukan kartel mobil. Dugaan kasus kartel, hampir semua produsen mobil Jerman diperiksa.

Baca juga: Mobil Listrik BMW Seri i7 Sedang Disiapkan ?

Dugaan Kasus Kartel, Hampir Semua Produsen Mobil Jerman Diperiksa

Kasus ini muncul setelah regulator kartel Uni Eropa menuduh beberapa produsen mobil Jerman yang melakukan kartel. Produsen mobil yang terlibat yaitu BMW, Daimler, Volkswagen, Audi, dan Porsche.

Kelima perusahaan ini diduga sudah sepakat untuk menunda penjualan mobil emisi rendah dari tahun 2006 sampai 2014. Kolusi yang dilakukan tersebut saat menyelenggarakan rapat teknis.

Tapi dari kelima perusahaan ini, BMW malah menolak untuk menyelesaikan investigasi yang sedang berlangsung. BMW terus membantah bahwa mereka terlihat dalam kartel tersebut. BMW akan melawan dakwaan yang dapat membuat produsen mobil ini kena denda hingga 1 miliar euro.

Kasus kartel tersebut bisa saja dikaitkan dengan kasus dieselgate yang menimpa Volkswagen Group sebelumnya. Skandal yang baru terungkap pada tahun 2015 silam ini membuat Volkswagen dan anak perusahaan lainnya harus membayar biaya penggantian serta denda pelanggaran yang dilakukannya.

Audi-logo
Audi-logo

Volkswagen Group terbukti memanipulasi data emisi gas mobil berbekal software yang disematkan pada sejumlah besar mobil. Namun Audi tak mau menanggalkan software tersebut, walau ironisnya merekalah ‘dalang’ dibalik skandal tersebut.

Entah apakah Audi sudah menyelesaikan masalah tersebut setelah melewati deadline pada 26 September lalu. Jika belum diselesaikan dan ditambah dengan kasus kartel ini, mungkin ini akan membuat Audi pusing tujuh keliling.

Referensi: Detik.com (28/09/2019)

Leave a Reply