Cerdas! Kawasaki Membeli Pabrikan Sepeda Motor Italia Bimota, Untuk Gempur Ducati dan Aprilia di Eropa?

Kawasaki Membeli Pabrikan Sepeda Motor Italia Bimota

RiderTua.com – Rumor dari Italia menyebutkan bahwa Kawasaki Heavy Industries telah membeli merek sepeda motor Bimota beserta kekayaan intelektualnya. Sebuah berita yang mengejutkan dimana Merk Jepang mampu memborong merk Eropa. Ada apa dibalik pembelian merk Italia itu. Pabrikan roda dua Kawasaki yang kita kenal bermain di motor dengan kubikasi kecil 150cc pun juga deretan motor bermesin jumbo dengan dilengkapi turbo tak kalah eksotisnya. Kawasaki Membeli Pabrikan Sepeda Motor Italia Bimota, Untuk Apa?

Kawasaki Membeli Pabrikan Sepeda Motor Italia Bimota

Melansir dari media asphaltandrubber.com detail tentang transaksi belum terungkap, dan konferensi pers mengenai berita ini diharapkan nongol dalam beberapa hari mendatang. Namun yang tetap menjadi tanda tanya besar dan tentunya ini menarik bagi kalangan pengamat roda dua adalah apa motivasi Kawasaki membeli Bimota ?

Deretan pertanyaan yang muncul adalah : Apakah Kawasaki akan memulai kembali produksi Bimota? .. Meski tetap saja masih sulit memahami alasan mengapa Kawasaki akan menambah produk motor yang sudah penuh sesak. Kenapa tidak membiarkan rivalnya itu punah dan mengurangi kompetitornya di motor dengan orientasi performa dan model sporty?

2018 Aprilia Shiver 900 ABS
2018 Aprilia Shiver 900 ABS

Gempur Ducati dan Aprilia di Eropa?

Dilihat dari lokasi Bimota yang di Eropa kemungkinan besar Kawasaki akan memperkuat penjualannya disana. Karena untuk line mulai dari mesin kecil dengan harga terjangkau serta motor besar seperti H2 sulit bersaing dengan harga premium di Eropa terutama menyangkut persaingan brand image.

Skenario yang bisa dibaca secara kasar adalah :  Kawasaki Heavy Industries dapat menahan eksistensi Bimota dalam upaya untuk memiliki pendekatan dua cabang ke pasar Barat ( Eropa). Terutama kelas sport dengan harapan Bimota sebagai benteng dalam menghadapi saingan Eropanya seperti Ducati dan Aprilia dengan mesin dan harga tinggi serta produksi terbatas.

2019 Ducati Monster 821
2019 Ducati Monster 821

Strategi menariknya adalah Kawasaki bisa menghemat sumber daya yang tersedia di pabriknya. Karena Bimota kemungkinan akan dapat merancang dan membuat motor  di Italia (daripada di buat di pabrik Kawasaki). Dan mencari sumber daya dari merek lain.

Kemungkinan lain adalah Kawasaki tertarik membeli Bimota sebagai langkah untuk mendapatkan kekayaan intelektual merek Italia. Dan juga sebagai langkah defensif untuk mencegah beberapa perusahaan lain memulai kembali mengakuisisi Bimota ( sebelumnya sudah dibeli investor Swiss pada 2013). Beberapa pengamat melihat langkah Kawasaki ini sebagai keputusan bisnis yang cerdas. Lebih dari sekadar permainan dalam meningkatkan daya saing pada industri sepeda motor.

Last… Akan menarik melihat Bimota eksis dari perpaduan gaya Eropa -Jepang. Dimana Bimota adalah merk yang sudah dikenal di dunia dikoleksi dan dibanggakan. Karena kemampuan estetika desainnya dan rancang bangun teknisnya yang luar biasa.

1 Comment

Leave a Reply