Pantesan Kalah, Top Speed Yamaha Selisih 5 Km/ Jam, Tunggu Tahun Depan Ya !

RiderTua.com – MotoGP Misano, Namanya balap adu kencang, motor yang menang tentunya yang punya kecepatan lebih di atas yang lain. Memang balap MotoGP bukan adu drag, namun 50 persen butuh kekuatan mesin dengan potensi top speed yang tinggi. Paduan dua poin : top speed di trek lurus dan cornering speed ( kecepatan di tikungan) adalah kombinasi ideal untuk sebuah kuda besi balap. Top Speed Yamaha Selisih 5 Km/ Jam

Top Speed Yamaha Selisih 5 Km/ Jam

Memang pada prakteknya semua tidak tergantung potensi motor semata, ambil contoh Marquez dengan Honda RC213V. Dengan memiliki kelemahan saat melibas tikungan Marc menutupinya dengan gaya uniknya yang tidak dimiliki rider Honda lainnya, selain taktik lain seperti pemilihan ban dan pengaturan ritme balap agar ban awet hingga akhir putaran.

Misano adalah salah satu trek yang teknis dan presisi, yang merupakan gabungan dari tikungan lambat, tikungan berkecepatan tinggi (high-speed corner), dan lintasan lurus yang cepat. Enam tikungan kiri dan sepuluh tikungan ke-kanan, mempunyai tipe aspal yang tidak terlalu abrasif. Sehingga bisa dikatakan Sikuit Misano merupakan paduan dari tikungan lambat, tikungan cepat,  pengereman kuat dan ada sebagian sektor sirkuit yang mengalir.

Di balapan Misano sepertinya kekuatan mesin juga berperan bagi Yamaha dan Suzuki. Mereka adalah motor yang memiliki paket paling seimbang dengan karakter trek ini. Sektor ketiga Misano butuh mesin yang kuat pun paket aerodinamika juga memainkan peran penting di trek ini.. Quartararo sepertinya mampu memainkan ritme yang bagus namun sayangnya kecepatan per lapnya bisa dipangkas oleh Marc. Honda tahun ini diakui punya paket mesin diatas Yamaha dan Suzuki, setara dengan Ducati. Jadi jika Yamaha mampu mengatur sektor mesin menjadi lebih kuat bukan tidak mungkin salah satu dari pembalap garputala akan menjadi penantang serius Marc Marquez tahun depan.. Apalagi Quartararo memakai spek resmi pabrikan Yamaha… titenono… !

Artikel Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply