Kenapa Portugal Siap Masuk Kalender MotoGP 2020 Jika Brno atau KymiRing Batal ?

RiderTua.com – Kalender sementara MotoGP 2020 sudah bertebaran di media. Namun putaran Republik Ceko di Brno dan putaran Finlandia di KymiRing keduanya belum dikonfirmasi. Hal ini menyisakan peluang dan pintu masih terbuka lebar untuk pihak pengelola sirkuit mengajukan diri sebagai penyelenggara balapan. Salah satunya adalah sirkuit Portimao- Portugal yang siap untuk melangkah kedepan. Kenapa Portugal Siap Masuk Kalender MotoGP 2020 Jika Brno atau KymiRing Batal ?

Kesepakatan MotoGP Brno ( Republik Ceko) saat ini akan berakhir pada tahun 2020 dan dimasukkan pada kalender tahun depan namun dengan syarat harus mengikuti aturan dan mengkonfirmasi ulang kontrak. Sementara tekanan finansial dari pihak penyelenggaraan GP Brno sering menjadi batu sandungan bagi trek Republik Ceko itu.

Sementara itu trek baru Finlandia harus memenuhi syarat homologasi sirkuit FIM ( belum final) dan tes yang dilakukan baru-baru ini menjadi kunci KymiRing lolos menjadi penyelenggara MotoGP 2020.

Jika Brno atau KymiRing ternyata tidak lolos dan lenyap dari kalender MotoGP 2020, Dorna akan mencari pengganti yang cocok. Dilansir Crash.net, Portimao ( Portugal) sudah mengikat perjanjian dengan Dorna sebagai “sirkuit siaga” dan siap menjadi tuan rumah MotoGP jika Brno atau KymiRing akan membatalkan kalender balapan.

Kenapa Portugal paling siap ?

Sirkuit Portugis dibangun pada 2008, dan baru-baru ini memperpanjangan kontrak tiga tahun untuk menjadi tuan rumah kejuaraan World Superbike hingga 2022. Sementara sejak 2012 MotoGP tidak digelar disana. GP Portugal pertama di gelar di Jarama, tepat di utara ibukota Spanyol Madrid, sebelum Estoril menjadi tuan rumah putaran pertama pada tahun 2000. Akibatnya GP Portugal  tidak pernah menjadi tuan rumah MotoGP tetapi hampir selalu hadir di kalender World Superbike.

Sudah kantongi Kontrak sementara

Dengan munculnya bintang lokal Miguel Oliveira ( Portugal), di Red Bull KTM Tech3, minat MotoGP semakin meningkat di wilayah ini. Dan Portugal semakin bersemangat membawa MotoGP ke sana… Presiden FIM Jorge Viegas juga mengisyaratkan Portimao ( Portugal) menjadi sirkuit pengganti sementara ( cadangan) karena sudah kantongi pra-perjanjian untuk bergabung dengan kalender balap MotoGP pada 2022.

Artikel Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply