Catat! Tim Honda MotoGP Pertama Gunakan Bahan Pesawat dan Rudal Balistik di Honda NR500

RiderTua.com – Teknologi balap motor prototipe MotoGP berkembang terus. Salah satu material yang lagi naik daun saat ini adalah serat karbon ( frame, swing arm dll) atau karbon ( rem karbon). Saat ini semua tim sedang bereksperimen dengan bahan karbon. Bahan ini sudah hampir 40 tahun muncul di MotoGP. Beberapa saat yang lalu Honda dan Suzuki, terlihat melapisi frame dengan serat karbon. Tim Honda MotoGP Pertama Gunakan Bahan Pesawat dan Rudal Balistik di Honda NR500 

Tim Honda MotoGP Pertama Gunakan Bahan Pesawat dan Rudal Balistik di Honda NR500

Bahan Pesawat Terbang dan pesawat luar angkasa

Karbon merupakan bahan pembuat pesawat terbang atau pesawat luar angkasa. Pertama kali digunakan di kelas utama ( MotoGP) oleh Honda HRC pada NSR500. Sasis full serat karbon pada NR500 muncul tahun 1983.. Pada tahun 1983, HRC membangun NR500 yang futuristik dengan sasis full serat karbon, swingarm karbon, roda karbon, rem karbon, garpu karbon, dan peredam karbon.

Serat karbon turun di MotoGP pada tahun 1984, di motor Armstrong 250 dengan pembalap Niall Mackenzie dengan sasis serat karbon, dibuat oleh konstruktor mobil Reynard Motorsport. Kemudian ada motor Yamaha Marlboro 500cc Kenny Roberts juga terlihat memakai bahan serat karbon. Namun roda berbahan karbon mengalami masalah dan menyebabkan kecelakaan Freddie Spencer. HRC dan semua tim waspada terhadap serat karbon. Roda serat karbon sekarang dilarang.

Bahan moncong hidung dari rudal balistik antarbenua

Saat ini semua motor MotoGP memiliki rem karbon, sebagian besar memiliki garpu serat karbon dan swingarm serat karbon. Rem karbon-karbon ( bukan serat -karbon) memiliki dampak terbesar untuk kelas MotoGP. Rem karbon adalah komposit yang awalnya dikembangkan untuk moncong hidung dari rudal balistik antarbenua.

MotoGP saat ini ada tanda-tanda bergerak ke arah pengunaan serba karbon. Sebagian besar pabrikan sekarang bermain-main dengan serat karbon sebagai bahan frame. Suzuki Alex Rins menggunakan frame GSX-RR yang dilapisi serat karbon menang di GP Amerika. Marc Marquez menggunakan teknologi serupa ketika dia mamakai frame RC213V berlapis karbon baru di Red Bull Ring.

Marc Marquez memang tidak memenangkan balapan di Austria, namun ada temuan baru dengan pemakaian bahan ini. Entah masih dirahasiakan,  bisa jadi kombinasi mesin dengan frame bahan karbon yang mampu menjinakkan mesin liar Honda dan Ducati.

Artikel Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply